Obyek Wisata Danau Ranu Lading di Lumajang

0 112

Ranu Lading

Lumajang – adalah sebuah kabupaten yang terletak di propinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu penghasil buah pisang. Wilayah Lumajang yang berbatasan dengan kabupaten Jember, kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Malang mempunyai kontur alam dengan beberapa pegunungan seperti gunung Semeru, Gunung Sawur dan Gunung Lemongan yang menjadikan Kabupaten Lumajang memiliki tanah yang subur dan berudara sejuk.

Selain terkenal sebagai penghasil pisang, kabupaten Lumajang juga memiliki beberapa obyek wisata yang sangat menarik yang patut dijadikan rujukan untuk dikunjungi para wisatawan, salah satunya keberadaan beberapa danau atau yang biasa dikenal dalam bahasa setempat “Ranu” yang berarti tempat berkumpul. Berikut beberapa danau atau Ranu yang ada di Lumajang yang dikenal memiliki air yang jernih, panorama alam yang indah, alami, udara yang sejuk dan sangat cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga atau pun teman.

Ranu Lading merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Papringan, Kecamatan Klakah sekitar 25 Km ke arah utara dari kota Lumajang, Jawa Timur. Lokasi Ranu Lading ini terletak di lereng gunung Sadeng, persis tengah perkebunan kopi yang merupakan peninggalan zaman Belanda, lengkap dengan sebuah bangunan loji tua yang terletak di pinggiran danau.

Untuk mencapai ke Ranu Lading dari kota Lumajang cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Ranu Lading sendiri terletak di ketinggian 900 mDpl, dengan luas perairan mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter. Suasana tempat ini cukup tenang dan sejuk, disaat musim kopi tiba terlihat aktivitas para pekerja pemetik buah kopi yang bekerja di perkebunan di sekitar Ranu Lading.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2016/08/wisata-danau-di-lumajang.html
Comments
Loading...