Obyek Wisata Danau, Ranu Klakah di Lumajang

0 135

Ranu Klakah

Kabupaten Lumajang memiliki tanah yang subur dan berudara sejuk. Selain terkenal sebagai penghasil pisang, kabupaten Lumajang juga memiliki beberapa obyek wisata yang sangat menarik yang patut dijadikan rujukan untuk dikunjungi para wisatawan, salah satunya keberadaan beberapa danau atau yang biasa dikenal dalam bahasa setempat “Ranu” yang berarti tempat berkumpul. Berikut beberapa danau atau Ranu yang ada di Lumajang yang dikenal memiliki air yang jernih, panorama alam yang indah, alami, udara yang sejuk dan sangat cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga atau pun teman.

Ranu Klakah merupakan salah satu wista danau yang terletak di ketinggian 900 Mdpl dengan luas danau mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter dengan view gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1668 Mdpl. Letaknya sekitar 20 Km dari kota Lumajang dengan akses jalan dan transportasi yang cukup mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jalan menuju ke Ranu Klakah cukup bagus dan beraspal mulus. Ranu Klakah ini dikenal sebagai kawasan segitiga Ranu yang letaknya berada di antara kecamatan Klakah dan kecamatan Ranuyoso yang juga memiliki ranu lain yaitu Ranu Pakis dan Ranu Bedali. Ranu Klakah memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki air yang cukup jernih dengan kondisi alam sekitar yang masih alami.

Ranu Klakah adalah sebuah danau di kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 km di sebelah utara kota Lumajang. Ranu Klakah ini selain dimanfaatkan Sebagai tempat wisata juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat perikanan yang ditempatkan didalam keramba-keramba. Masyarakat sekitar juga menyediakan kendaraan tradisional dokar yang bisa di sewa oleh para pengunjung untuk berkeliling menikmati alam sekitar Ranu Klakah yang indah. Selain itu tersedia juga perahu-perahu yang bisa digunakan untuk berwisata air dan memancing.

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam telah disediakan beberapa hotel dan penginapan disekitar Ranu Klakah juga beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan tenis. Di sekitar jalanan Ranu Klakah banyak dijual aneka buah-buahan seperti nangka yang merupakan hasil tanaman para penduduk di sekitar Ranu Klakah. Buah-buahan ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang atau sekedar dinikmati langsung sambil berwisata.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2016/08/wisata-danau-di-lumajang.html
Comments
Loading...