Obyek Wisata Danau, Ranu Bedali di Lumajang

0 110

Ranu Bedali

Ranu Bedali merupakan salah satu dari ketiga ranu yang letaknya berdekatan dengan Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Karena letak ketiga ranu ini berdekatan masyarakat sekitar sering menyebut ketiga ranu ini dengan sebutan Ranu Segitiga. Danau yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m.

Keunikan dari danau ini terletak dari permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan, sehingga menambah kesejukan tempat ini. Ditambah cekungan yang sangat curam dikombinasi dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh disetiap penjuru, begitu pula warna danau yang biru seakan akan mata tak ingin beranjak memandangnya. Di tepi danau terdapat sebuah sampan yang dapat kita gunakan untuk mengelilingi setiap sudut danau.

Biasanya sampan ini digunakan oleh para pemancing karena selain cocok untuk spot pengambilan gambar oleh para fotografer tempat ini juga cocok untuk spot pemancingan karena juga terdapat banyak ikan yang cukup besar. Setelah setengah perjalanan ada akan menemui suatu kolam yang cukup luas yang airnya begitu segar dan kita dapat berenang di kolam tersebut. Lokasinya dapat dijangkau sekitar 30 Km dari arah kota Lumajang. Dari pasar Ranuyoso hanya sekitar 5 Km masuk.

Tetapi kalau kita memilih start dari ranu pakis atau klakah hanya berjarak 7 Km kearah utara. Apabila anda dari arah lumajang, anda bisa menandai sebuah jalan kecil kanan jalan sebelum indomaret setelah kantor pos Ranuyoso kanan jalan. Apabila anda dari arah probolonggo anda akan menemui indomaret Ranuyoso kanan jalan kemudian perhatikan penunjuk arah yang ada di sisi kiri jalan raya yang menunjukkan jalan kecil yang berada di sisi kiri jalan raya juga. Kemudia ikuti rute yang ada di bawah ini. Lalu anda akan menemui suatu plakat yang bertuliskan Ranu Bedali.

Untuk buget anda cukup mengeluarka kurang lebih 5rb rupiah,bisa jadi harga ini akan berubah di akhir pekan, cukup murah bukan? Anda tidak akan kecewa meskipun buget yang anda kelurkan sedikit namun anda akan terkesima dengan keindahan Ranu Bedali yang masih terjaga keasriannya karena memang ranu bedali ini kurang di perhatikan dan kurang di publikasikan. Saran saya apabila anda ingin menuju kebawah gunakan alas kaki yang cocok untuk untuk medan yang licin dan berbatu.

Perhatikan pijakan anda. Apabila anda bermain sampan yang ada di tepi danau kembalikan kembali ke tempat asalnya karean sampan akan terbawa ke tengan danau apabila tidak di tepikan. Pastiakan ada teman anda yang bisa berenang karena danau ini cukup dalam. Jangan lupa bawa pakaian ganti untuk berenang di kolam yang berada di atas dan jangan lupa mengabadikan momentum yang anda alami di Ranu Bedali yang tidak kalah dengan Ranu Kumbolo. Kunjungi juga Ranu Klakah dan ranu pakis karena letaknya juga tidak jauh dari Ranu Bedali.

Source http://jagoadventure.blogspot.co.id http://jagoadventure.blogspot.co.id/2016/05/danau-ranu-bedali-pesaing-ranu-kumbolo.html
Comments
Loading...