Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-OcEi08.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Danau Buatan Situ Citayam di Depok

Jpeg
0 149

Situ Citayam

Situ Citayam merupakan salah satu wisata danau yang terletak di Bojong, Pondok Terong, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Situ Citayam merupakan kawasan resapan air di Kelurahan Bojong dan sekitarnya. Warga sekitar juga sempat memanfaatkannya sebagai tempat budidaya ikan. Bahkan danau tersebut pernah menjadi tempat pembuangan limbah rumah tangga sehingga situ mengalamai pendangkalan. Tahun 2009 pemerintah melakukan revitalisasi. Pengerukan dan pembersihan dilakukan untuk memulihkan keadaan lingkungan danau.

Situ Citayam ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit tidak hanya oleh warga sekitar tetapi juga wisatawan dari luar Depok. Dibukanya kawasan danau sebagai lokasi wisata juga mendukung perekonomian masyarakat setempat. Mereka banyak membuka usaha sebagai pedagang kaki lima.

Banyak pengunjung yang menghabisakan waktu untuk memancing di salah satu situ Kota Depok tersebut. Seperti halnya Situ Cilodong, Situ Citayam juga merupakan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan khas Depok yaitu ngubek situ. Acara ini biasanya digelar untuk memperingati HUT Kota Depok yang jatuh pada bulan April.

Situ Citayam juga telah dilengkapi beberapa fasilitas permainan. Pengunjung dapat mengajak buah hatinya mengelilingi danau menggunakan sepeda air. Penjelajahan air juga dapat dilakukan dengan menumpang kapal kecil yang tersedia. Setelah menikmati permainan air, Anda dan keluarga dapat berpiknik di tepi danau sembari menikmati lingkungan hijau dan udaranya yang sejuk.

Kawasan Situ Citayam memang menjadi salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok. Kegiatan lain yang dapat dilewatkan di sini adalah jalan-jalan atau jogging melalui jalur pedestrian yang ada di tepi danau. Untuk menuju Situ Citayam, Anda dapat menggunakan kereta komuter dari Jakarta Kota. Ada juga kereta ekonomi yang dapat diakses dari stasiun Tanah Abang. Setelah turun di pemberhentian Citayam, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 15 menit menuju area danau.

Source Jalan Wisata jakarta
Comments
Loading...