Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-ZXRkam.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Danau Batu Bacan Sukabumi Jawa Barat

0 202

Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan merupakan salah satu wisata alam yang berada di Sukabumi, yang berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Cekungan ini sebenarnya bukanlah danau alami. Melainkan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi dengan air hujan yang meningkat. Lantas kenapa air di dalamnya berubah warna menjadi hijau? Tenang, tidak ada sangkut pautnya dengan hal magis. Hal ini di sebabkan oleh cekungan atau ceruk di bawah “Danau Bacan” ini terbuat dari batu berwarna hijau. Dengan bantuan sinar matahari, maka air yang berada di dalamnya seolah olah berwarna hijau, padahal sebenarnya hanya lantai danau inilah yang berwarna hijau.

Lokasi Tambang Danau Batu Bacan

Sebagian dari pengunjung atau wisatawan situs galian milik pribadi ini bahkan menyandingkan Danau Batu Bacan ini dengan Ranukumbolo di Gunung Semeru. Salah satu pemicu membludaknya pengunjung di areal ini adalah hal tersebut dan rasa penasaran dari para pencinta tempat liburan alam yang sekarang tengah sangat di gandrungi. Sudarmat, Kepala Desa Bojongharja merupakan salah seorang yang mencetus keinginan untuk mengelola lahan tambang zeolit ini untuk menjadi pariwisata.

Hal yang kemudian di tolak olah pemilik sah dari lahan tersebut, lantaran lahan ini masih bersifat produktif untuk jangka waktu yang panjang. Sudarmat sendiri mengetahui bahwa areal dengan luas 1000m persegi dan kedalaman lubang sekitar 40m ini adalah bekas tambang yang sedang tidak di kelola. Di tanyai pendapatnya tentang warga masyarakat yang mengunjungi lahan milik keluarganya, Fariz mengaku kurang menyenanginya. Alasannya adalah keselamatan dari para pengunjung yang bisa saja di pertaruhkan. Wajar saja, lahan galian tambang ini di khawatirkan dapat longsor setiap saat, sehingga bisa menimbulkan korban jiwa ke depannya.

Rute Menuju Danau Batu Bacan

 Untuk mencapai lokasi Danau Bacan, Anda bisa melewati tol JORR dari Jakarta, kemudian keluar di Ciawi. Setelahnya Anda tinggal mengambil jalur lurus ke arah kabupaten Sukabumi. Tapi jika  Anda datang di akhir pekan maupun libur panjang, Anda sebaiknya mengambil jalan keluar tol di Bogor, kemudian menuju Ciawi melalui Tajur untuk menghindari kemacetan. Dari Ciawi Anda menuju Cibadak kemudian belok kanan ke arah Pelabuhan Ratu. Lurus terus sejauh 3 km hingga Jembatan Bojong. Setelahnya Anda akan bertemu tanjakan, belok kiri, lalu lurus melewati pintu masuk PT. GSI. Ikuti saja jalan perkampungan tersebut hingga Anda bertemu belokan Jalan Raya, lokasinya tak jauh dari sana. Atau jika Anda kebingungan, ada beberapa spanduk yang menunjukkan lokasi Danau Bacan. Serta manfaatkan kemampuan komunikasi Anda dan tanyakan dengan warga setempat.

Tiket Masuk Danau Batu Bacan 

Semenjak kepopuleran dadakan dari Danau Bacan ini mencuat, sebagian warga sudah mulai memanfaatkannya untuk mengais rupiah. Pedagang makanan dan minuman ringan serta aksesoris di sekitarnya. Seperti yang telah di sebutkan, karena ini bukanlah lokasi wisata, maka Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Tapi ada beberapa warga yang mengelola parkir di sini demi keamanan kendaraan Anda. Cukup membayar Rp. 2.000,0 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Source wisata detiknews
Comments
Loading...