Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-16siVJ.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Curug Tawing Purworejo Jawa Tengah

0 169

Curug Tawing

Curug Tawing merupakan suatu air terjun yang berada di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasinya dekat dengan jalan raya, sehingga kita tidak perlu berjalan jauh untuk sampai di Curug Tawing. Nama Curug Tawing sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu “curug” yang berarti air terjun dan “tawing”.

Aliran air Curug Tawing bisa di bilang sangat jernih. Air Curug Tawing bersumber dari Goa Anjani yang terletak berdekatan dengan curug ini. Tepat dibawah curug ini terdapat kolam renang yang airnya bersumber dari aliran air Curug Tawing. Jadi, apabila kita berenang di sana, kita dapat menyaksikan keindahan Curug Tawing ini. Selain itu, ada sebuah mitos yang menyebar di masyarakat, bahwa barangsiapa yang membasuh muka di aliran Curug Tawing maka orang tersebut akan mendapatkan kesehatan, awet muda, dan tentunya kesegaran.

Keunikan Curug Tawing

Curug Tawing sendiri memiliki keunikan, yaitu bentuknya yang berundak-undak, dan yang paling besar/ paling bawah memiliki tinggi sekitar 5 meter. Teman saya mencoba naik dari samping curug persis dan hanya bisa naik sampai setengah jalan karena sudah tidak ada jalan setapak menuju atas bukit dimana sumber air berasal, sehingga harus memutar. Untuk mengunjungi curug ini tidak dikenakan biaya apapun, letaknya yang strategis dan masih relatif sepi, ketika saya mengunjungi tempat ini hanya ada beberapa anak-anak bermain di kolam renang dan beberapa ibu membuka warung disekitar kolam renang. Jika mengunjungi curug ini pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya.

Aksesbilitas Curug Tawing

Untuk mengunjungi curug ini tidak dikenakan biaya apaun. Sayangnya, curug ini masih kurang terekspos, dan kurang dikenal oleh masyarakat, padahal Curug Tawing memiliki keindahan yang luar biasa. Lingkungannya juga masih terlihat asri, banyak pepohonan disekitar dan belum tercemar oleh sampah.
Waktu yang diperlukan untuk sampai di Curug Tawing sekitar 45 menit dari pusat kota Purworejo. Apabila anda ingin mengunjungi curug ini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan agar Curug Tawing tetap bersih.

 

Source wisata purworejo
Comments
Loading...