Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-4ZWUlu.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Curug Sido Asri Purworejo Jawa Tengah

0 138

Curug Sido Asri

Curug Sido Asri merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Sidoleren. Dan menyimpan sejuta pesona keindahan. Alamnya asri, udaranya sejuk, ditambah obyek wisata alam berupa Curug Sido Asri dan batu raksasa yang disebut Batu Sumong, serta makam Nyi Raden Ayu Sekarwulan yang lokasinya berdekatan. Meskipun belum banyak dikenal orang, banyak juga yang berkunjung ke Sidoleren.

Lokasi Curug Sido Asri

Lokasinya Curug Sido Asri terletak di  Desa Sidoleren, Kecamatan Gebang, Purworejo, Jawa Tengah hanya sekitar 15 kilometer dari kota Purworejo. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki selama 15 menit, dengan menuruni bukit sambil menimati udara yang sejuk dan pepohonan yang rindang.

Sesekali melewati aliran air dari bukit yang sangat jernih, menambah keasrian panorama wisata Desa Sidoleren. Pengunjung juga bisa melihat kota Purworejo sambil duduk di atas Batu Sumong. Batu setinggi 25 meter dengan diameter 110 meter.

Dua obyek wisata alam itu Jumat (19/8) lalu dilaunching. Camat Gebang Kusairi AP yang melaunching curug, menamakannya Curuk Sido Asri. Dan Danramil Gebang, Kapten Inf Sunarno melaunching batu yang konon memiliki nilai historis itu dengan nama Batu Sumong.

Kusairi AP menjelaskan, nama Curug Sido Asri dimaknai sebagai wisata desa yang aman, sehat, rapi dan indah. Obyek wisata itu diharapkan dapat memicu pertumbuhan perekonomian desa yang endingnya untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Keunikan Curug Sido Asri

Sementara, keunikan Batu Sumong yaitu bentuknya yang menjulang tinggi dengan bagian batu yang bawah menjorok ke dalam menyerupai gowa.

Curug Sido Asri dan Batu Sumong mudah dijangkau karena akses jalan sudah beraspal. Bahkan dari ibukota Kabupaten Purworejo menuju ke lokasi tersedia jalan aspal yang mulus.

Source wisata purworejo
Comments
Loading...