Obyek Wisata Curug Sibedil Pemalang Jawa Tengah

0 199

Curug Sibedil

Curug Sibedil merupakan salah satu air terjun terkenal di Kabupaten Pemalang adalah Curug Sibedil yang terletak di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kec. Moga. Dari pusat kota Pemalang, curug atau air terjun ini berjarak sekitar 35 km. Adapun waktu tempuhnya antara 25-35 menit dengan kendaraan umum.

‘Curug’ atau ‘jurug’ adalah bahasa Jawa yang berarti “air terjun”. Dengan tinggi 20 meter dan pancuran air yang banyak melimpah, Curug Sibedil menawarkan pemandangan indah nan menyegarkan. Suara gemericik air menyentuh bebatuan di kolam penampungan, ditambah hijaunya pepohonan di sekitar lokasi air terjun sungguh menjadi tujuan tepat untuk relaksasi.

Sejarah Curug Sibedil

Konon, nama Curug Sibedil setidaknya ada dua versi. Menurut versi pertama, nama Sibedil diberikan karena pada jaman dahulu kala air yang jatuh menimpa bebatuan di bawahnya mengeluarkan suara mirip suara tembakan meriam. Dalam bahasa Jawa, meriam disebut sebagai “bedil”. Karena itulah air terjun ini dinamai Curug Sibedil yang kurang lebih berarti Air Terjun Meriam.

Akses Menuju Curug Sibedil

Untuk menuju ke Curug Sibedil, dari kota Pemalang ambil jalan menuju ke selatan arah Randudongkal. Tepat di perempatan Pasar Randudongkal, lurus saja ke arah Moga yang juga merupakan rute menuju ke pemandian air panas Gudi di Kab. Tegal. Setelah sampai di pusat Kecamatan Moga, terus saja ikuti jalan menuju ke Guci. Letak Curug Sibedil di Desa Sima, sekitar 5 km dari pusat Kec. Moga.

Rute Menuju Curug Sibedil

Dari terminal induk Pemalang, atau bisa juga dari depan Stadion Mochtar Sirandu, naik bus 3/4 jurusan Moga. Turun di Terminal Moga, lanjutkan dengan angkutan pedesaan jurusan Moga-Mandiraja dan turun di Dukuh Karangbulu, Desa Sima. Minta pada sopir angkudes untuk diturunkan tepat di depan SD Negeri 5 Sima. Dari sini, jarak air terjun sudah dekat (sekitar 300 meter) dan banyak penduduk yang siap membantu menunjukan lokasinya.

Source wisata simaraya
Comments
Loading...