Obyek Wisata Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat

0 381

Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik adalah salah satu destinasi wisata air terjun terakhir dari tiga rangkaian air terjun yang mengalir pada Sungai Ciletuh, Sukabumi. Curug Puncak Manik adalah air terjun tertinggi dengan trek perjalanan yang sangat sulit jika dibandingkan dengan Curug Awang dan Curug Tengah. Trek yang sulit ini seakan menjaga keasriannya, dan menjadikannya sebagai hidden paradise di kawasan Ciletuh Geopark.

Lokasi Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik ini bisa dibilang air terjun terindah dan berlokasi di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177 yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Untuk mencapai tempat ini kamu harus rela menuruni bukit sekitar satu jam perjalanan, dan perjalanan akan semakin sulit saat kamu hendak pulang karena harus menanjak dengan trek yang sama. Selama perjalanan kamu akan melewati hutan tropis yang sejuk dan rimbun oleh pepohonan hutan asli Ciletuh Geopark.

Keunikan Curug Puncak Manik

Curug ini lebih asri dibanding kedua Curug lainnya karena letaknya yang masih jauh dari rumah penduduk dan jauh dari area persawahan. Curug yang memiliki ketinggian 100m ini pun memiliki 2 buah undakan yang cantik. Jadi, sebelum jatuh dari puncaknya, air terjun ini menimpa kolam kecil, lalu jatuh kembali ke aliran sungai Ciletuh di bawahnya. Keunikan Curug Puncak Manik lainnya adalah lokasinya yang berada di bawah aliran Ciletuh, Anda dapat melihat 3 curug sekaligus. Jadi, Anda dapat melihat Curug Puncak Manik sekaligus Curug Awang dan Tengah.

Akses Menuju Curug Puncak Manik

Akses menuju ke Curug Puncak Manik ini harus melewati hutan yang masih perawan. Dinamakan hutan perawan karena belum banyak orang yang mengunjungi tempat ini. Anda masih bisa menemukan banyak hewan liar di sepanjang jalan menuju curug. Jadi, harus lebih waspada jika berniat ke curug ini. Selain itu, aura mistisnya masih kencang di tempat ini. Jadi, jangan berbicara yang macam-macam. Curug Puncakmanik berjarak sekitar 600 meter dari Curug Tengah dan masih pada aliran Sungai Ciletuh yang merupakan batas antara Desa Tamanjaya dan desa Cibenda. Akses menuju curug ini dapat ditempuh dengan jalan kaki melalui pematang sawah dan punggungan bukit selama satu jam dari tempat parkir mobil.

Source wisata viva
Comments
Loading...