Obyek Wisata Curug Jejeg Tegal Jawa Tengah

0 395

  Curug Jejeg

Curug Jejeg (684mdpl) merupakan salah satu wisata alam yang di sebut dengan nama panggilan dari curug yang memang belum bernama ini. Curug yang bersumber dari Kali Sier ini terletak di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, sebuah tempat yang tak jauh dari jalan utama Desa Jejeg. Ada dua rute, rute Batuagung (via Banjaranyar) dan rute Bumijawa (via Yomani – Kalibakung).

Rute Menuju Curug Jejeg

Rutenya dari Batuagung memang tidak terlalu sulit arahnya, namun jalan yang dilewati relatif rusak. Sehingga memakan waktu yang lebih lama. Sedagkan via Bumijawa, dari Pertigaan Tuwel almbil ke arah kanan menuju Bumijawa (jika ke kiri ke arah Guci) ke arah Desa Muncanglarang – Jejeg. Nantinya akan melewati Sulaku Bumijawa Park, ke barat hingga menemui SMP N 1 Bumijawa hingga Desa Muncanglarang.

Sebelum gerbang Desa Jejeg, ada sebuah jembatan, nah, biasanya kendaraan kecil seperti sepeda motor diparkir dekat sini. Kemudian berjalan ke arah selatan melawan arus Kali Sier, tidak sampai 10 menit sudah sampai ke Curug Jejeg. Sehingga bisa disimpulkan, jika dari Sulaku, jaraknya sekitar 5 KM. Sehingga cukup dekat.

Daya Tarik Curug Jejeg

Curug Jejeg memiliki daya tarik tersendiri, selain tempatnya masih asri, curug ini memiliki bebatuan yang bisa diduduki sembari menikmati gemercik air yang turun dari atas bukit. Tinggi curug ini sekitar 22 meter. Alirannya jika di musim kemarau seperti ini tidaklah terlalu deras, sehingga kita bisa menikmati segarnya air curug ini dengan aman dan nyaman.

Fasilitas Curug Jejeg

Tidak ada fasilitas umum di sekitar curug ini, yang ada hanyalah beberapa rumah warga atau aktivitas warga disekitar aliran sungai. Jika dilihat secara langsung, curug ini memiliki 3 tingkatan dan kolam air yang tidak terlalu dalam. Sehingga bisa untuk sekedar bermain air atau berfoto-foto. Kondisi airnya tidak terlalu jernih, namun suhu airnya cukup dingin, khas air dari pegunungan.

Saran Berlibur Curug Jejeg

Saran kami jika ingin datang ke lokasi ini, gunakan kendaraan seperti sepeda motor karena cukup sulit mencari lokasi parkir sebab jalan utama Desa Jejeg tersebut tidaklah terlalu lebar, sehingga ditakutkan akan menganggu aktivitas warga sekitar. Satu lagi, jangan membuang sampah sembarangan atau merusak lingkungan sekitar tempat ini. Agar curug seperti ini bisa dinikmati juga oleh anak cucu kita kelak. Selamat berpetualang.

Source wisata jejak tak berujung
Comments
Loading...