Obyek Wisata Curug Gado Bangkong Tasikmalaya

0 185

Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong merupakan salah satu wisata alam yang terletak di kaki Gunung Galunggung ini masih jarang dikunjungi sehingga pemandangannya pun masih asri. Tidak jauh dari Curug Badak. Lokasinya terletak di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat.

Keindahan Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong berada di lereng Gunung Galunggung dan memiliki ketinggian sekitar 70 m. Rute menuju ke curug menyusuri ladang penduduk dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Nampaknya sampai saat ini, curug Gado Bangkong masih belum dikembangkan untuk daerah tujuan wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Padahal apabila melihat potensi landscape yang ada, akan sangat menarik pengunjung. Curug Gado Bangkong hampir setiap hari masih sepi pengunjung. Curug Gado Bangkong cocok untuk tempat hiking dan fotografi, karena alamnya masih perawan dan belum terjamah banyak pengunjung. Meskipun demikian, sudah ada jalan dan tempat beristirahat untuk pengunjung, kekurangannya belum ada sarana MCK. Nama Gado Bangkong sendiri kalau dalam Bahasa Indonesia artinya Dagu Katak.

Aksesbilitas Curug Gado Bangkong

Jalan  menuju ke curug ini hanya bisa dilalui oleh kendaran beroda dua, seperti sepeda motor. Rute perjalanannya adalah dari Kecamatan Cisayong atau dari jalan baru Singaparna menuju Desa Santanamekar. Untuk menuju ke Curug Gado Bangkong, dapat dijangkau dari pertigaan Cisayong (S7.26673 E108.18647) berbelok menuju arah Barat, atau apabila dari Kota Tasikmalaya berbelok ke arah Barat juga di perempatan Mang Koko (S7.28821 E108.19493).

Perjalanan dilanjutkan menuju jalan baru Ciawi-Singaparna (Cisinga) ke arah Kampung Cimala. Di perempatan Cimala (S7.26746 E108.14403) berbelok ke arah Barat. Ikuti terus jalan beton dari hasil PNPM. Apabila menggunakan mobil, disarankan parkir di sekitar SMP Negeri 3 Sukaratu, karena kondisi jalan sempit hanya cukup untuk 1 mobil saja dan topografi yang curam. Sedangkan apabila menggunakan sepeda motor dapat sampai ke tempat parkir di dekat lokasi curug, tinggal jalan kaki kurang dari 100 m. Kondisi jalan selewat sawah menuju curug cenderung jalan setapak dan dengan jurang (gawir) yang sangat dalam, mencapai 300 m di beberapa titik.

Source Jalan Wisata Wisata
Comments
Loading...