Obyek Wisata Curug Ciparay Tasikmalaya Jawa Barat

0 315

Curug Ciparay

Curug Ciparay merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari. Objek wisata air terjun yang memiliki dua curug kembar ini sempat menjadi primadona tujuan wisata bagi masyarakat Tasikmalaya. Untuk curug pertama memiliki debit air yang sangat besar. Sedangkan curug kedua debitnya kecil sehingga dapat digunakan untuk mandi atau berendam karena kolam penampungan airnya hanya selutut orang dewasa. Curug Ciparay yang memiliki ketinggian sekitar 75 m dan 55 m ini berada di wilayah BKPH Singaparna dan KPH Tasikmalaya. Sayangnya keberadaan curug ini terabaikan dan terbengkalai baik oleh Perhutani maupun Pemda setempat sehingga jarang dikunjungi para wisatawan.

Lokasi Curug Ciparay

Curug Ciparay ini terletak di dusun Parentas, kec.Cigalontang, kab.Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Akses Menuju Curug Ciparay

Berjarak 40 km dari arah kota Garut atau 30 km dari Tasikmalaya ke arah Singaparna, dan dari arah singaparna lah petualangan di mulai Pintu masuk ke lokasi dari bunderan kota singaparna ke utara arah kec.sariwangi dan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua hingga mencapai pintu masuk lokasi. Selanjutnya perjalanan di tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 20 menit untuk mencapai pusat air terjun tersebut. Nah ini dia pusat air terjun curug ciparay yang mampu menyihir sekaligus memanjakan mata anda dengan pesona alamnya yang indah dan masih asri tersebut.

Fasilitas Curug Ciparay

Adanya jalan setapak menuju pusat air terjun, juga tersedia beberapa saung bambu yang didirikan oleh warga setempat. Masih belum ada rumah makan dan belum ada fasilitas umun yang memadai sehingga di sarankan untuk membawa perlengkapan yang di perlukan.

Source Jalan Wisata wisata air terjun
Comments
Loading...