Obyek Wisata Curug Cihanyawar Garut

0 197

Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar merupakan salah satu wisata alam yang berada di Garut,  ini begitulah warga sekitar meyebutnya berada di kawasan perkebunan teh dayeuh manggung PTP Nusantara VIII. Tepatnya di Desa Sukamumi, Kecamatan Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat. Curug ini Memiliki tinggi sekitar 16 M dan berada diketinggian sekitar 1000 meter DPL dan Aliran airnya berasal dari mata air Cikuray Gunung Cipadaruun.

Keindahan Curug Cihanyawar 

Curug ini paling sering dikunjungi oleh kaum muda-mudi. Menurut mitos warga sekitar jika mandi dicurug ini maka akan cepat mendapat jodoh. oleh karena itu muda-mudi yang mengalami kesulitan mencari jodoh datang ke curug ini untuk mandi dan berharap akan cepat menemukan jodoh mereka. Selain mitos yang beredar curug ini memiliki panorama yang begitu mempesona, udara yang sejuk dipadu dengan hamparan kebun teh alami. Pastinya akan menjadi pengalaman luar biasa dimana kita bisa menikmati keindahan alam ciptaan Sang Kuasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Selain menikmati pemandangan disini kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti tracking, piknik, dan berfotografi. Flora yang paling dominannya ialah pohon kawung, pinus, dan lisamara, sedangkan faunanya kebanyakan ular, babi hutan, tupai, musang, dan bermacam jenis burung. Fasilitas dikawasan ini masih minim, fasilitas yang ada berupa masjid yang terletak di pemukiman penduduk, dan 5 buah shelter yang berada 50 meter dari air terjun. Untuk akomodasi kulinernya mash belum tersedia, namun jika pengunjung ingin bermalam ada hotel yang ada di ngamplang.

Akses Menuju Curug Cihanyawar

Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota garut. Untuk menuju kesana pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota dengan jurusan terminal Guntur-Bojongloa. Ini mungkin bisa menjadi alternative liburan wisata anda berikutnya. Sekian artikel Keindahan Curug Cihanyawar dari saya semoga dapat membantu menambah wawasan anda tetang Wisata Garut. Bagi yang menggunakan angkutan umum naik angkot di Terminal Guntur dengan nomer 06 dengan rute terminal Guntur Garut – Bojongloa dengan tarif Rp 2000 per orang atau naik mikrobus/elf dengan rute Garut-Singaparna dengan tarif Rp 6000 perorang. Turun di persimpangan jalan masuk perkebunan PTP VIII.  Selanjutnya dari persimpangan ini bisa naik ojek atau jalan kaki hingga tiba di lokasi curug tersebut berada.

Harga Tiket Masuk Curug Cihanyawar

Untuk harga Tiket masuk ke lokasi anda akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp 3000 yang dikelola oleh Karang Taruna setempat. Untuk fasilitas Kekurangan yang ada di wisata curug ini adalah belum tersedianya lahan parkir yang permanen sehingga bagi anda yang membawa kendaraan harus memarkirkan di areal sekitar kebun teh. Juga belum tersedia fasilitas pendukung di kawasan wisata ini selain 5 buah shelter yang terletak 50 m dari air terjun dan tempat ibadah berupa musholla dan masjid yang terletak di pemukiman penduduk. Bagi sobat yang ingin menginap dapat tinggal di Hotel Ngamplang yang terletak di Jalan Raya Tasikmalaya dengan jarak 2,5 km dari pusat Kecamatan Cilawu. Juga rumah makan terdekat dari lokasi objek ini adalah Rumah Makan Megawati yang terletak di Jalan Raya Cigarangsang No. 42, Kecamatan Cilawu.
Source Obyek Wisata Curug Cihanyawar Garut diidarut
Comments
Loading...