Obyek Wisata Candi Sari Cepogo Boyolali

0 214

Candi Sari 

Candi Sari merupakan salah satu situs peninggalan purbakala yang berada di Desa GedanganCandi Hindu ini kali pertama ditemukan sekitar 1967. Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Situs sejarah itu dikeramatkan oleh warga. Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan.

Lokasi Candi Sari 

Candi Gunung Sari terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kapupaten Boyolali. Candi Sari terletak di atas bukit kecil dan dikelilingi oleh areal perladangan penduduk. Disebelah utara candi terdapat jalan desa yang membujur timur-barat. Disebelah barat terdapat Gunung Merapi dan di sebelah utara terdapat sungai.

Latar belakang agama Candi Sari adalah Hindu. Hal ini didasarkan adanya arca Panteon Hindu yaitu Durga, Ganesa, Agastya. Selain itu juga ada Yoni dan arca Nandi yang nerupakan wahanan Siwa. Candi Sari merupakan bangunan candi dengan ukuran denah 4,62 x 4,62 meter dengan tinggi candi lebih kuran 7 meter. Candi ini dibangun pada periode klasiik Indonesia yaitu pada masa pengaruh Hindu Budha, sekitar abad IX. Mengenai siapa yang membangun candi ini belum dapat diketahui karena ada belum ada data yang menjelaskan hal tersebut.

Akses Menuju Candi Sari 

Untuk mencapai lokasi tersebut pengunjung harus menyiapkan kendaraan yang benar-benar dalam kondisi prima, karena jalan yang dilalui adalah jalan di perkampungan, dan juga harus melewati pertigaan kampung dan gang kecil. Sebaiknya bertanya pada warga sekitar untuk menjaga agar tidak tersesat, lagipula masyarakat sekitar candi sangat terbuka dan welcome pada pendatang baru apalagi turis. Udara sejuk dan keindahan alam dapat ditemukan dengan mudah disini meskipun aksesnya cukup sulit dan rumit namun semua terbayar dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan serta cerita sejarah untuk pembelajaran sejarah.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...