Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-rKf2al.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Candi Penatrate Blitar Jawa Timur

Obyek Wisata Candi Penatrate Blitar Jawa Timur42
0 96

Candi Penatrate Blitar

Candi Penataran ini merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi terbesar di provinsi Jawa Timur ini berada di sebelah utara Blitar, pada ketinggian empat ratus lima puluh mdpl. Lokasi Candi Penataran dekat dengan pemukiman warga di kampung penataran. Sehingga ditemukannya candi ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang berjualan di sekitar candi.

Obyek Wisata Candi Penatrate Blitar Jawa Timur42

Letak Candi Penataran ini berada di atas bukit. Jadi, Anda dapat melihat pemandangan sekeliling jika sedang berada di atas bangunan utama candi. Tahun 1995 candi palah atau Candi Penataran diajukan untuk menjadi calon situs yang dilindungi dalam warisan dunia UNESCO. Harga tiket masuk Candi Penataran hanya berkisar Rp. 3.000 saja. Bagi Anda yang penasaran dengan Candi Penataran dan relief-reliefnya, semoga artikel Candi Penataran ini bisa membantu Anda. Jangan lupa berkunjung ke destinasi wisata yang lain di Blitar seperti Pantai Peh Pulo, Pantai Pangi, dan Air Terjun Tirto Galuh.

Obyek Wisata Candi Penatrate Blitar Jawa Timur42

Kompleks Candi Penataran ini memiliki fungsi sebagai suatu tempat pemujaan, hal ini didasarkan isi prasasti Palah yang menyatakan bahwa Raja Srengga (salah seorang Raja Kerajaan Kediri) sering mengadakan pemujaan di tempat ini, hal ini juga didukung keterangan dari kitab Nagarakertagama yang menyebitkan bahwa bangunan suci para Resi Saiwa-Sugata yang didirikan diatas tanah wakaf sebagai tempat pemujaan. Candi Penataran sebenaranya merupakan sebuah kompleks kumpulan beberapa candi, dan menjadi kompleks Candi terluas di jawa Timur.

Obyek Wisata Candi Penatrate Blitar Jawa Timur42

Disini terdapat beberapa candi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Jika kita masuk ke kompleks Candi Penataran, serasa sedang berada di sebuah perkampungan di masa kerajaan jaman dahulu. Lokasi Candi Penataran yang berada di pedesaan menjadikannya asri dengan hawa udara yang sejuk. Panorama di sekitar masih cukup alami, meskipun dikelilingi rumah penduduk. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Gunung Kelud juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan saat Gunung Kelud erupsi beberapa waktu lalu, masih terlihat sisa-sisa material vulkanik berupa kerikil kecil.

Source http://islamireligius.blogspot.co.id http://islamireligius.blogspot.co.id/2014/02/wisata-candi-penataran-blitar-jawa-timur.html
Comments
Loading...