Obyek Wisata Candi Pawon Magelang Jawa Tengah

0 159
Candi Pawon

Candi Pawon merupakan salah satu  kawasan wisata sejarah. Candi ini bercorak Budha peninggalan dari Wangsa Syailendra. Candi ini juga diperkirakan memiliki peran penting bagi kerajaan Mataram Kuno terbukti sampai sekarang candi ini masih digunakan untuk melaksanakan upacara Waisak.

Lokasi Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Desa Borbudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jarak dari Candi Borobudur relatif dekat yaitu sekitar 2 Kilometer. Sedangkan dengan Candi Mendut berjarak sekitar 1 Kilometer. Candi Pawon berada ditengah antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Ketiga candi ini berada pada satu garis lurus dimana Candi Pawon merupakan titik tengah dari ketiga candi. Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan candi ini dibangun, para ahli hanya dapat mengira – ngira tahun pembuatan. Dari segi arsitektur bangunan serta reliefnya, para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon memiliki umur lebih tua dibandingkan dengan Candi Borobudur.

Asal Candi Pawon

Asal kata Candi Pawon apabila diartikan dalam bahasa Jawa kata “Pawon” berarti dapur, namun pawonmerupakan kata turunan dari “Pawuan” yang memiliki arti perabuan yang diambil dari kata “Awu” atau artinya abu. Dari nama tersebut para ahli berpendapat bahwa candi ini digunakan untuk menyimpan abu dari jenazah raja. Diperkirakan jenazah yang disimpan di Candi Pawon adalah jenazah Raja Indra yang berkuasa dari tahun 782-812 Masehi dari Wangsa Syailendra.

Sejarah Penemuan Candi Pawon

Candi Pawon diketemukan pada akhir abad ke-19 dalam keadaan rusak tertimbun semak-semak belukar dan mulai diperbaikipada tahun 1903. Candi Pawon juga mengalami pemugaran yang dilaksanakan sejak tahun 1897 – 1904. Kemudian dilanjutkan lagi oleh Van Erp pada tahun 1908.

Sejarah Candi Pawon

Bangunan pemujaan ini termasuk salah satu Candi Buddha yang diperkirakan didirikan oleh Dinasti Syalendra antara abad VIII – IX Masehi, akan tetapi waktu pembangunan secara pasti tidak diketahui karena belum ada data-data yang cukup kuat. Menurut Casparis, Candi Pawon merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra (782 – 812 M), ayah Raja Samarrattungga dari Dinasti Syailendra. Dalam ruangan di tubuh Candi Pawon, diperkirakan semula terdapat Arca Bodhhisattva, sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Indra yang dianggap telah mencapai tataran Bodhisattva. Para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon merupakan pintu gerbang Candi Borobudur, sebagai tempat umat membersihkan badan dan pikirannya dari kekotoran batin.

Source wisata magelang
Comments
Loading...