Obyek Wisata Candi Pangkuan Brebes Jawa Tengah

0 238

Candi Pangkuan

Candi Pangkuan merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Brebes, candi dengan batu berbentuk lonjong setinggi 50 cm. Candi ini terletak di Desa Karang Gandul Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah.  Hal unik yang bisa kamu jumpai disini selain batu lonjong berukuran 50cm yaitu terdapatnya banyak kera wara-wiri di area ini, bahkan sampai ratusan. Namun jangan khawatir, sebab kera-kera disini sudah jinak, tidak menggigit. Berkunjung ke Candi Pangkuan seoalah membawa kamu ke kawasan wisata Tawangmagu di Solo.
Banyak orang tidak mengetahui di salah satu Kabupaten Brebes punya potensi wisata hutan, lokasinya di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan atau sekitar 8 KM dari Kota Bumiayu ke arah timur. Tempat yang rindang, adem, banyak kera jinak dan dinilai banyak pihak merupakan suatu tempat yang patut untuk dijadikan sebagai daerah tujuan wisata.

Sejarah Candi Pangkuan

Candi Pangkuan konon sudah lama sekali keberadaannya, hampir ratusan tahun yang lalu. Candi pangkuan di temukan oleh penduduk pribumi pada sekitar tahun 1965. Sejarah Candi Pangkuan tidak begitu jelas kareana tidak ada catatan khusus yang menjelaskan itu, sejarahnya hanya di wariskan dari cerita turun temurun.

Konon dulu Candi Pangkuan di gunakan untuk Upacara-upacara Agama atau aliran kepercayaan yang di anut oleh masyarakat sekitar pada jaman dahulu. Pada jaman dahulu penduduk sekitar masih menganut kepercayaan Animisme dan Dinamisme. Tak jarang kita masih dapat menjumpai peninggalan batu2 atau tempat yang di gunakan sebagai tempat pemujaan atau ritual Upacara. Di dalam candi juga terdapat 3 makam yang konon makam itu adalah makam para raja pada jaman dahulu.

Source wisata wartacilibur
Comments
Loading...