Obyek Wisata Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

0 137

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan salah satu candi dari tiga serangkai candi di Magelang yaitu Candi Borobudur, Pawon dan Mendut. Candi ini bercorak Buddha yang terlihat dari adanya stupa – stupa di atap Candi Mendut yang berjumlah 48. Candi mendut didirikan oleh dinasti Syailendra. Mendut sendiri didirikan pada 824M sesuai prasasti – prasasti yang ada di sekitar Desa Karangtengah. Dari prasasti tersebut disebutkan bahwa seorang raja yang bernama Raja Indra membangun bangunan suci yang bernama Venu Vana Mandira yang berarti candi ditengah rumpun bambu.

Candi Mendut di bangun menggunakan batu bata dengan campuran batu andesit sehingga sangat kokoh dengan ketinggian sekitar 26,4 meter serta berdiri diatas sebuah batur setinggi 2 meter yang permukaannya di dilengkapi dengan langkan. Candi Mendut hanya ada satu candi, candi ini menghadap ke barat. Di dalam Candi Mendut terdapat tiga buah arca Buddha serta sebuah patung Buddha Sakyamuni berposisi duduk.

Lokasi Candi Mendut

Secara administratif, kawasan wisata Candi Mendut berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Desa Mendut, Kabupaten Magelang. Tetapi pada umumnya, banyak kalangan wisatawan menyebutnya sebagai Candi Mendut Yogyakarta.

Harga Tiket Candi Mendut

Untuk memasuki Candi Mendut, Anda akan dikenakan biaya retribusi yang murah. Cukup Rp. 3500 saja. Ini pun sudah sepaket dengan candi pawon. Jadi jika Anda sudah membeli tiket candi mendut tidak perlu lagi untuk membeli tiket ketika memasuki candi pawon.

 

 

Rute Perjalanan ke Candi Mendut

Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda dapat menempuh jalan Jogja – Magelang (jalan yang menghubungkan Yogyakarta dan Magelang) agar dapat tiba di kawasan wisata Candi Mendut. Setiba di daerah Mungkid (pertigaan lampu merah), Anda akan menemukan plang penunjuk arah menuju Candi Borobudur. Ikuti saja penunjuk arah tersebut, lalu berbelok kiri dan kemudian jalan lurus sampai Anda menemukan Candi Mendut di bagian kanan jalan. Perjalanan dari Jogja ke lokasi Candi Mendut ini menempuh jarak sejauh 37 km dengan durasi waktu selama 45 menit.

Source candi mendut magelang
Comments
Loading...