Obyek Wisata Candi Gedong Songo Semarang Jawa Tengah

0 145

Candi Gedong Songo

Objek Wisata Candi Gedong Songo Semarang merupakan salah satu Objek Wisata di Bandungan yang berupa situs peninggalan umat Hindu yang dibangun pada pertengahan abad 9. Candi ini seperti namanya (songo yang artinya sembilan) sebetulnya terdiri dari sembilan bangunan candi yang tersebar di lereng gunung ungaran namun sekarang hanya tersisa lima buah candi saja.

Candi yang ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Stamford Raffless pada tahun 1804 ini berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di area ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 derajat celcius) dan sesekali kabut tipis turun dari gunung.

Dari candi ke candi kita tidak akan merasakan lelah selama diperjalanan karena disuguhkan pemandangan alam dengan lereng gunung yang indah serta udara yang sejuk dan menyegarkan. Jadi sangat direkomendasikan sekali bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan orang terdekat.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo mulai dibuka jam 06.00 dan tutup pada pukul 17.00 wib. Sedangkan Harga tiket masuk Obyek Wisata Candi Gedong Songo bagi orang dewasa/5 tahun ke atas pada hari biasa adalah Rp. 6000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 50.000,- bagi wisatawan asing.

Lokasi dan Rute Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Lokasi candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil bahkan kendaraan besar seperti bis dengan jalanan yang naik dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa atau sekitar 10 menit dari objek wisata Bandungan. Anda juga bisa menggunakan jasa ojek hingga ke pintu masuk area wisata. Dan jangan khawatir dengan kembalinya, karena banyak tukang ojek yang ngetem di depan loket masuk yang siap mengantarkan Anda turun.

Akses Menuju Candi Gedong Songo

Untuk menuju Candi Gedong Songo diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam. Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini :

  • Ungaran – Gedong Songo : 25 km
  • Ambarawa – Gedong Songo : 15 km
  • Semarang – Gedong Songo : 45 km.
Source Obyek Wisata Candi Gedong Songo Semarang Jawa Tengah utiket
Comments
Loading...