Obyek Wisata Candi Gatotkaca Dieng Banjarnegara

0 144

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca  merupakan salah satu wisata candi yang ada di Banjarnegara. Candi yang berdiri sendiri tanpa candi lain yang berada di sekitarnya. Hal ini disebabkan, kebanyakan candi di sekitar Candi Gatotkaca sudah mulai runtuh sehingga tidak dapat di susun kembali. Sebenarnya, kawasan Candi Gatotkaca berdiri beberapa candi yang lain seperti Candi Nakula, Candi Petruk, Candi Antareja, Candi Setyaki dan Candi Gareng. Candi-candi ini sudah tidak bisa berdiri dengan kokoh seperti Candi Gatotkaca karena hanya tersisa puingnya saja, selain itu ada banyak bagian candi yang telah hilang sehingga ia sulit dibentuk kembali.

Ukuran Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca mempunyai ukuran yang mirip dengan candi lainnya. Ukuran Candi Gatotkaca ini relatif kecil yakni 4,5X4,5 meter. menurut para arkeolog yang meneliti Candi Gatotkaca ini, Candi Gatotkaca dibangun ketika jaman Ratu Sima ketika Kerajaan Kalinggan di abad ke 7. Di Candi Gatotkaca, Anda akan menemukan Yoni yang menjadi ciri khas candi beraliran Hindu.

Letak Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca berada di Dieng Kulon, Batur dan masuk di Kabupaten Banjarnegara. Candi Gatotkaca bisa Anda tempuh dari kompleks Candi Arjuna yang berada di sisi barat. Jalanan yang sangat asyik akan Anda lewati untuk menuju ke Candi Gatotkaca ini. Di perjalanan menuju Candi Gatotkaca, Anda akan menikmati rimbunnya pohon cemara di kiri dan kanan jalan. Perjalanan untuk menuju ke Candi Gatotkaca tidak terlalu lama. Anda hanya membutuhkan waktu selama 15 menit perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju ke titik tempat Candi Gatotkaca berada. Untuk menjangkau Candi Gatotkaca, Anda dapat menggunakan kendaraan, jalan ke Candi Gatotkaca juga searah dengan wisata-wisata Dieng yang lainnya.

 

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...