Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-IRnObR.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Bukit Punthuk Setumbu 

0 185

Bukit Punthuk Setumbu 

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut.

Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang memukau bagi para wisatawan. Karena itu tak heran jika tempat-tempat wisata yang menyajikan pemandangan sunrise selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sebut saja Gunung Bromo di Jawa Timur, Bukit Sikunir di Dieng Jawa Tengah, dan Bukit Punthuk Setumbu di Magelang.

Lokasi Bukit Punthuk Setumbu 

Berada di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Jaraknya kurang dari 4 kilometer dari Candi Borobudur.

Untuk mencapai lokasi ini, begitu melewati depan Hotel Manohara, terus berbelok ke kanan masuk jalan tengah desa. Terus saja hingga mencapai Dusun Kurahan. Di situ, banyak guide lokal yang akan mengarahkan untuk mencapai lokasi.

Harga Tiket Masuk Bukit Punthuk Setumbu 

Untuk memasuki kawasan bukit ini dikenakan tarif Rp 15.000, dengan kondisi jalan cukup menanjak, tetapi sudah tertata batu-batu, jadi cukup memudahkan pendakian yang memakan waktu sekitar 15 menit dan cukup membuat nafas saya tersengal-sengal. Kondisi di atas bukit berupa lahan memanjang yang apabila sedikit saja kita terlambat datang maka spot terdepan untuk melihat matahari terbit dan mengambil gambar sudah bisa dipastikan akan habis oleh jejeran manusia para pemburu matahari terbit ini.

Tips Berlibur ke Bukit Punthuk Setumbu 

  • Atur waktu keberangkatan sehingga tidak keduluan sunrise. Jauh dekat penginapan perlu diperhitungkan dengan waktu tempuh. Jika menginap di sekitar Candi Borobudur, bisa berangkat pukul 04.30 atau lebih pagi.
  • Bisa nge-camp, tetapi harus dipastikan dengan tim Punthuk Setumbu soal perizinan dan lokasi mendirikan tenda.
  • Memilih datang pada musim kemarau karena cerah dan pemandangan sungguh luar biasa.
  • Agar mendapat foto yang bagus, yaitu Gunung Merbabu dan Merapi, cari waktu di mana matahari dalam posisi terbit terbaik. Misal, pas di antara Merbabu dan Merapi atau tepat di timur searah dengan letak Candi Borobudur (sekitar bulan Juni-Juli).
  • Bawa peralatan fotografi yang mumpuni, jika ingin memperoleh hasil foto bagus. Misal, pilih lensa tele, filter CPL atau GND yang bisa membantu memperoleh efek dramatis dan menghindari kontras cahaya langit dan daratan.
Source wisata magelang
Comments
Loading...