Obyek Wisata Bledug Kuwu Grobogan Jateng

0 152

Bledug Kuwu

Bledug Kuwu adalah obyek wisata dengan luas sekitar 45 hektar. Kawasan tanah lumpur yang disertai dengan letupan-letupan yang bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter tingginya. Letupan-letupan ini bukan berasal dari magma bumi atau effect dari kwah vulkanik. Karena letupan di Kuwu ini tidak terasa panas, kalaupun panas itu hanya dari sengatan matahari. Dugaan peristiwa ini adalah proses kimiawi dari gas bumi dan air laut, ini dibuktikan air disekitar letupan-letupan lumpur mengandung garam. Padahal letaknya sendiri jauh dari laut. Bledug Kuwu ini berada di jl Wirosari-Kuwu, Kuwu, Kradenan,  Grobogan, Jawa Tengah 58182.

Nama Bledug Kuwu diambil dari kata Bledug dan Kuwu. Bledug yang berasal dari bahasa jawa memiliki arti letupan, karena setiap kali meletup mengeluarkan bunyi “Bledug”. Sedangkan Kuwu sendiri adalah nama desa tempat kawah lumpur tersebut berada. Ada beberapa kawah di Bledug Kuwu. Kawah yang terbesar dinamakan Kwah Jaka Tuwa yang berada di sisi sebelah timur dan kawah yang terkecil dinamakan Kawah Rara Denok yang terletak disisi barat.

Sejarah Bledug Kuwu

Asal-usulnya Bledug Kuwu karena kawah lumpur atau orang sekitar menamakanya “bledug”. Kawah lumpur garam ini biasanya akan meledak setiap 2-3 menit sekali dia akan meledak dengan membawa banyak mineral dan tinggi letupan bledug kuwu adalah kurang lebih 2 meter. Dan masyarakat sekitar di gunakan untuk pembuatan garam dan juga untuk membuat garam konsentrat atau orang di sana menamakanya dengan “bleng”. Bleng sendiri di gunakan untuk pembuatan krupuk karak yang bahan dasarnya adalah nasi.

Akses Menuju Bledug Kuwu

Jalan ke Bledug Kuwu dari Grobogan kira-kira kita harus menempuh jarak 30 km kearah timur dari Purwodadi Grobogan dan itu tidak jauh. Dan di bawah ini adalah peta perjalanan dari Purwodadi ke Bledug Kuwu.

Harga Tiket Masuk Bledug Kuwu

Harga tiket masuk ke kawasan Bldung Kuwu ini kami jamin pasti tidak akan mahal anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 2.000 rupiah saja.

Source wisata grobongan
Comments
Loading...