Obyek Wisata Bersejarah Gedung De Javasche Bank Surabaya

0 99

Gedung De Javasche Bank

Gedung De Javasche Bank menjadi salah satu wisata sejarah dari sekian banyak bangunan bersejarah di Kota Surabaya. Bangunan ini dikenal sebagai bekas bank milik Belanda bernama De Javasche Bank yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Bank Indonesia. Transformasi De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia itu berlangsung pada tahun 1953. Meski begitu, Gedung De Javasche Bank yang ada di Surabaya masih tetap digunakan, hanya berganti kepemilikan. Hingga pada tahun 1973, Bank Indonesia pindah ke Jalan Pahlawan nomor 105.

Lokasi Gedung De Javasche

Cara menemukan lokasi bangunan tua ini sangat mudah, berada di kawasan sekitar Jembatan Merah Plaza. Tepatnya, beralamat di Jalan Garuda nomor 1. Tempat wisata bersejarah ini dapat dikunjungi secara gratis dan buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Untuk jam bukanya, para pengunjung bisa masuk ke area museum pada pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore.

Sejarah Gedung De Javasche

Sejak itu, gedung ini tak lagi digunakan sebagai tempat operasional. Selanjutnya, tercatat pada tahun 2012, bangunan ini secara resmi menjadi bangunan cagar budaya yang berada di bawah pengelolaan Bank Indonesia. Oleh Bank Indonesia, Gedung De Javasche Bank dimanfaatkan sebagai museum, tepatnya Museum Bank Indonesia. Wisatawan yang turut serta dalam aktivitas Surabaya Heritage Track yang diadakan oleh House of Sampoerna pun mengikutsertakan tur ke gedung ini.

Koleksi Uang Kuno di Gedung De Javasche

Beragam koleksi bisa ditemukan di Gedung De Javasche Bank Surabaya yang telah beralih fungsi menjadi museum. Koleksi menarik yang dapat disaksikan di sini pun beragam, termasuk di antaranya adalah uang kuno. Uang kuno yang tersimpan di gedung ini memiliki bentuk yang beragam.

Salah satunya adalah uang kuno, baik yang berbentuk koin ataupun kertas dari zaman Belanda. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan keberadaan mesin-mesin perbankan kuno. Dari total 3 lantai yang ada di sini, para pengunjung memiliki akses bebas ke lantai 1 dan lantai 2. Sementara itu, lantai 3 dipakai sebagai ruangan arsip dan hanya ditujukan bagi para karyawan.

Source http://www.reresepan.com http://www.reresepan.com/gedung-de-javasche-bank-wisata-edukatif-museum-sejarah-perbankan-di-kota-surabaya/
Comments
Loading...