Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-DKXrPV.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Bendungan Rentang Raksasa Majalengka

0 178

Bendungan Rentang

Bendungan Rentang merupakan salah satu destinasi wisata bendungan terbesar yang berada di bagian utara Majalengka. Bendungan ini menampung beberapa sungai di Jawa Barat seperti sungai Cimanuk, sungai Citarum dan sungai-sungai kecil di sekitarnya. Bendungan Rentang terletak di Dusun Rentang Desa Panongan kecamatan Jatitujuh, kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari pusat kota jarak yang harus ditempuh sekitar  kurang lebih 35 Km.

Letak koordinat Bendungan Rentang adalah -6.661539, 108.221169. Kondisi jalan untuk saai ini sedikit memprihatinkan, jalannya agak rusak, rumput-rumput disekitarnya kurang  terawat dengan baik. Akses jalan tergolong mudah, anda bisa  menggunakan kendaraan pribadi atau  bisa juga menggunakan angkutan umum dari  Desa Kadipaten – Jatitujuh.

Keindahan Bendungan Rentang

Keindahan Bendungan ini termasuk bendungan yang ramai dikunjungi para warga. Di sekitar bendungan terdapat area bermain, salah satu permainan adalah menaiki odong-odong (becak mainan). Para warga biasanya melakukan wisata dengan membawa beberapa rombongan. Para anak-anak ABG pada hari libur sering melakukan lari pagi, berolah raga dan jalan-jalan.

Potensi Wisata Bendungan Rentang

Objek wisata ini mempunyai potensi yang sangat baik apabila di ekspose lebih dalam. Akan tetapi, pemerintah Kabupaten yang menangani potensi pariwisata di Desa Jatitujuh belum memberikan mandat kepada pihak-pihak terkait untuk mengembangkan objek wisata Bendungan Rentang agar menjadi tempat wisata yang dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Sejarah Bendungan Rentang

Bendungan ini dibangun oleh seorang kontraktor dari Prancis yang  bekerjasama dengan PT. Hutama Karya Pusat dan diberikan dana oleh Bank Dunia. Sejak tahun 1982 sampai sekarang bendungan ini  masih beroperasi . Bendungan ini mempunyai luas DPS 6.950 km2 dengan mencakup sebagian wilayah kabupaten Garut, Sumedang, Majalengka dan Indramayu.

Source Jalan Wisata tempatwisata
Comments
Loading...