Warning: unlink(/tmp/c24a47605609d900a9c371d8a148529f-JoTnnW.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Batulumpang Garden di Pangendaran Jawa Barat

0 152

Batulumpang Garden

Batulumpang Garden merupakan wisata alam yang indah dengan taman yang cukup luas dikelilingi batu alami, sehingga wisatawan dapat camping di area Batulumpang Garden. Batulumpang Garden merupakan wisata alam yang berada di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu , Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Tempat wisata ini dikelola oleh masyarakat dan pemuda setempat yang kemudian membentuk sebuah kelompok masyarakat penggerak dan peduli wisata atau disebut Kompepar DTW Batulumpang Garden.

Secara Demografi Batulumpang Garden merupakan sebuah bukit batuan yang diolah sedemikian rupa menjadi bukit yang indah nan elok (Grand Cliff) untuk tempat wisatawan berfoto, selain itu juga di wisata Batulumpang terdapat aliran sungai yang aman untuk aktifitas wahana air. Dengan area wisata yang cukup luas di Batulumpang juga cocok untuk wisatawan camping dan tersedia cottage (pondok) berbentuk adat zaman dahulu.

Sejarah Batulumpang Garden

Dahulu kala ada seorang keturunan demak ia bernama Demang Jaya Yudha, beliau terkenal sangat sakti, arif dan bijaksana. Sampai pada suatu ketika Demang Jaya Yudha membuktikan kesaktiannya dengan menghadang peluru dari perompak dan menghilangkan binatang buas.

Ia mempunyai misi untuk menentramkan tatar Pasundan khusunya daerah Selatan atau bisa disebut Pakidulan, selain itu misi kedua yang utama yaitu menyebarkan ajaran agama islam. Setelah sekian masyarakat merasa dengan adanya Demang Jaya Yudha, mereka menjadi aman dan bisa bertani dengan baik. Sampai pada suatu saat masarakat merasa kehilangan dengan kepergian Demang Jaya Yudha, akan tetapi sebelum ia menghilang Demang Jaya Yudha memberikan sebuah kenang-kenangan berupa Batu yang berbentuk lulumpang atau lumpang.

Akses Menuju Batulumpang Garden

Untuk menuju ke wisata Batulumpang Garden ini dapat anda tempuh menggunakan pribadi atau umum jurusan Pangandaran – Cigugur. Jarak dari jalan raya Cigugur sekitar 50 meter, wisatawan akan cepat sampai tujuan.

Source Jalan Wisata grand
Comments
Loading...