Obyek Wisata Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi Jawa Barat

0 72

Sungai Citarik

Sungai Citarik merupakan salah satu wisata alam yang berada di Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan surga bagi pecinta arung jeram. Dengan tingkat kesulitan rata-rata di grade 3-5 (intermediate) membuat sungai ini cocok bagi siapa pun yang ingin merasakan serunya arung jeram.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya membuat Sungai Citarik pun dijadikan tuan rumah lokasi kejuaraan dunia arung jeram (World Rafting Championship) pada tahun 2015. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim. Namun, bagi Anda yang ingin datang dengan sedikit orang tak usah khawatir. Pengunjung sungai ini cukup banyak sehingga Anda dapat bermain dengan orang lain secara beramai-ramai.

Jalur Rafting Sungai Citarik 

Panjang rute bermain arung jeram di Sungai Citarik adalah 17 km dengan lama pengarungan sekira 4 jam. Titik start berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu. Sepanjang pengarungan di Sungai Citarik, suguhan pemadangan hijau permai akan menjadi atraksi penghibur di sela-sela teriakan histeris Anda. Sungai Citarik mempunyai puluhan jeram yang terbagi dalam enam kelas, yaitu: class VI (extreme),  class V (expert),  class IV (advance), class III (intermediate), class II(novice), dan class I (easy).

Arung jeram adalah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Ada banyak manfaat dari aktivitas ini. Arung jeram dapat melatih kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Selain bermanfaat, arung jeram nyatanya memang mengasyikan karena Anda akan dibawa pada situasi penuh ketegangan dan keseruan. Diyakini bagi Anda yang tertekan akibat rutinitas pekerjaan maka rafting adalah obat mujarabnya.

Fasilitas Sungai Citarik 

Fasilitas yang ada di sana juga sangat mendukung, dari mulai penginapan, rumah makan hingga toko cenderamata. Akses menuju ke lokasi inipun tidak sulit, jalan raya tergolong cukup bagus dan besar meskipun berkelok-kelok melewati lembah-lembah dan perkebunan kelapa sawit. Adapun akses menuju Citarik jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur Bogor-Cicurug-ParungKuda-Cikidang. Jika berasal dari arah Bogor/Jakarta, Anda harus mengambil arah kiri sesampainya di pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu, depan polsek Laka Lantas Cikidang.

Ada tiga operator arung jeram utama di Sungai Citarik, yaitu: Caldera, Selaras-Kaki dan Arus Liar. Hampir semua pengelola tersebut menawarkan fasilitas serupa dengan peralatan terstandar yang aman sehingga Anda tidak perlu khawatir. Agar lebih nyaman melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Citarik, berikut beberapa tips: bawa pakaian yang cukup untuk ganti setelah basah-basahan, bawa jaket dan pakaian hangat, sebab suhu udara di sana cukup rendah, berolah raga beberapa hari sebelum rafting akan menghindari Anda dari pegal dan keram setelahnya.

Source wisata detiktravel
Comments
Loading...