Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-NGbs8S.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Arung Jeram Pangcalikan Sumedang

0 203

Arung Jeram Pangcalikan

Sungai Cipeles merupakan salah satu wisata arung jeram yang berada di Sungai Ciples yang mengalir di Kabupaten Sumedang, dengan panjang 61 km yang sepanjang tahun tidak pernah kering. Sungai Cipeles berhulu di Kecamatan Sukasari, dan melewati beberapa daerah di Kabupaten Sumedang yaitu Pasanggarahan, Padasuka, Sumedang Kota, Situraja, Darmaraja, dan bermuara ke Sungai Cimanuk yang terletak di Kecamatan Tomo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti kondisi habitat, meneliti sumberdaya ikan di Sungai Cipeles, menganalisis keberlanjutan Tradisi Rumpon (Bedah Banyu), dan merumuskan alternatif untuk upaya perbaikan pengelolaan sumberdaya ikan di Sungai Cipeles.

Untuk itu diperlukan analisis ekologis dan sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada April-Agustus 2010 dengan interval pengamatan 2 bulan, di 3 leuwi Sungai Cipeles yaitu Leuwi Uu, Leuwi Ahum, Leuwi Centong yang terletak di Desa Sukatali, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi habitat Sungai Cipeles yaitu Normal Methods for River Rapid Apraisal. Untuk mengetahui kondisi sosial-ekonomi dengan metode deskriptif evaluatif, melalui observasi dan wawancara. Pengambilan contoh dilakukan dengan metode purposive sampling.

Rute Menuju Sungai Cipeles

Jika Anda tertarik untuk menjajal arus Sungai Cipeles di Desa Citepok jadi terlebih dulu Anda dapat menuju Kota Sumedang. Untuk Anda yang datang dari Bandung atau Jakarta, dapat meraih Sumedang dengan lewat rute Tol Padaleunyi serta keuar dari pintu Tol Cileunyi. Lalu tujukan kendaraan Anda ke Jatinangor, lantas Tanjungsari, selalu sampai melalui Cadas Pangeran yang legendaris serta pada akhirnya tiba di Kota Sumedang.

Rute yang lain yang dapat di ambil apabila Anda datang dari Bandung serta membawa sepeda motor, yakni lewat Jl. Soekarno-Hatta, lantas ke Bundaran Cibiru, selalu lanjut ke Cileunyi, Jatinangor, Tanjungsari, lantas Sumedang. Dari Alun-alun Sumedang, susuri selalu Jalan Raya Bandung-Cirebon, lalu belok kanan masuk Jl. Sebelas April, Cipadung Situraja, lantas belok kiri menyusuri Jalan Sumedang-Cibeureum.

Source Jalan Wisata repos
Comments
Loading...