Obyek Wisata Alun-Alun Kota Sukabumi Jawa Barat

0 250

Alun-Alun Kota Sukabumi

Alun-Alun Kota Sukabumi adalah salah satu tempat yang dibangun sebagai cikal bakal awal terbentuk dan berkembangnya kota. Alun-alun ini juga digunakan sebagai patokan titik nol kilometer bagi kota Sukabumi terhadap kota lain. Yang berada di Jl. A. Yani, Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111, Indonesia.

Seperti halnya kota-kota lainnya di Pulau Jawa, tata ruang kotanya sudah pasti menyediakan ruang terbuka di salah sisi jalan utama. Ruang terbuka ini sebagai vocal point, atau bia disebut point of interest atawa penanda utama sebuah kota. Maka di sekeliling dibangunlah beberapa fasilitas publik yang penting. Untuk kota Sukabumi, dibangunlah Masjid Agung di sebelah barat alun-alun, Pendopo Kabupaten di sisi selatan, dan kantor penegak hukum (Kepolisian dan Kejaksaan) di sebelah timur.

Untuk kota lain bisa berbeda, namun kesamaannya adalah letak Masjid Agung yang selalu di sebelah barat alun-alun, supaya sewaktu dilakukan ibadah besar, alun-alun dapat menampung luberan umat dari dalam Masjid. Sebagaimana ruang terbuka lainnya, alun-alun mempunyai banyak fungsi yang lain, antara lain sebagai tempat bersosialisasi warga kota, berolahraga, paru-paru kota yang ditubuhi banyak tanaman, bahkan dapat digunakan pula sebagai tempat demonstrasi.

Pada awalnya, antara bangunan Masjid Agung dan alun-alun terdapat jalan yang melewati depan Masjid. Namun karena kebutuhan ruang untuk menampung umat yang semakin bertambah, maka jalan itu diubah menjadi bagian dari perluasan Masjid, dan alun-alun seolah menjadi pekarangannya. Saat ini alun-alun sudah menyusut ukurannya dari sebelumnya. Selain digunakan sebagai pelebaran jalan maupun di sekelilingnya maupu sebagai areal parkir kendaraan. Sudah saatnya perlu dilakukan usaha pembatasan usaha pemanfaatan alun-alun yang berpotensi menyebabkan alun-alun kehilangan fungsi vitalnya dan ciriu khas utama bagi kota Sukabumi. Menjadi sebuah kepedulian bagi kita semua bagi kelestarian alun-alun.

Source wisata detiktravel
Comments
Loading...