Obyek Wisata Alun-Alun Kota Malang Jawa Timur

0 110

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang dibangun pada tahun 1882 dan merupakan menjadi tempat berkumpulnya warga serta tempat rekreasi yang seru bagi keluarga, terutama setelah mengalami perubahan besar-besaran pada tahun 2015 lalu. Alun-Alun ini tidak pernah sepi pengunjung, hal tersebut karena lokasinya yang sangat strategis di pusat kota dimana terdapat pusat perbelanjaan terkenal Kota Malang seperti Ramayana, Pasar Besar, Mitra, Malang Plaza, Gajah Mada Plaza, Sarinah dsb dan juga terletak tepat di depan Masjid terbesar di Kota Malang, Masjid Agung Jami’ maupun fasilitas perkantoran.
Banyak hal yang bisa dinikmati oleh para wisatawan maupun warga kota Malang yang ingin rekreasi di Alun-Alun Kota Malang,diantaranya menikmati keindahan air mancur, taman yang hijau dan lapang, jogging track, jalur sepeda, playground hingga beberapa spot yang menarik buat foto-foto. Dalam ulasan blog nnoart kali ini, akan membahas segala sesuatu tentang Alun-Alun Malang ini mulai dari sejarah atau asal-usulnya, lokasi, rute, hal-hal menarik yang ada di dalam maupun sekitarnya, fasilitas, hotel serta tempat wisata lain terdekat, tarif/retribusi yang berlaku dan sebagainya termasuk catatan eksplorasi saya dan foto-fotonya.

Lokasi Alun-Alun Kota Malang

Alun-alun kota Malang terletak di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen tepatnya diapit oleh 4 ruas Jalan Merdeka yaitu Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan. Lokasi dari alun-alun ini berada tepat di depan Masjid Agung Jami’ Kota Malang yang berada di sebelah barat alun-alun.
Kantor Pos di sebelah selatan, Sarinah di sebelah utara dan Ramayana di sebelah timur laut. Alun-alun kota Malang terletak di pusat kota sehingga untuk menemukannya sangat mudah dan dekat. Namun apabila anda menuju alun-alun dari Bandara atau Terminal, jarak alun-alun ini sekitar 13 km dari Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, 8 km dari Terminal Arjosari serta 9 km dari Terminal Landungsari.

Fasilitas Alun-Alun Kota Malang

Fasilitas yang ada di alun-alun kota Malang diantaranya seperti yang telah disebutkan di atas, mulai dari jalan yang tertata rapi, air mancur menari, area skateboard, tempat street dance/break dance, playground, kursi duduk, ruang menyusui, kandang merpati di atas pepohonan, toilet, tempat parkir di sekitaran alun-alun, gazebo, Wi-fi gratis dan lain sebagainya.

Harga Tiket Alun-Alun Kota Malang

Untuk dapat masuk ke alun-alun kota Malang, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan bermotor diantaranya Rp. 2000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4. Fasilitas-fasilitas yang ada di dalam alun-alun juga dapat dimanfaatkan dengan gratis.

Rute Menuju Alun-Alun Kota Malang

Dari Stasiun Kota Malang
Jl. Kertanegara – Alun Alun Tugu (Balai Kota Malang) – Jl. Simpang Mojopahit – Gereja Kayu Tangan – Alun Alun Kota Malang.

Dari Terminal Landungsari atau dari arah Kota Batu
Jl. Raya Tlogomas – Jl. M.T Haryono – Lurus di pertigaan jalan Gajayana – Jl. MT Haryono – Lurus di perempatan Jembatan Suhat – Jl. Mayjend Panjaitan – Lurus di pertigaan jalan Bogor – Jl. Mayjend Panjaitan – Lurus di bundaran jalan Bandung/Brigjend Slamet Riyadi – Jl. Brigjend Slamet Riyadi – Terus hingga pertigaan Mc. Donalds Kayu Tangan – Belok kanan ke arah Gereja Kayu Tangan – Alun Alun Kota Malang.
Source http://www.nnoart.com http://www.nnoart.com/2017/04/alun-alun-kota-malang-taman-kota-untuk-semuanya.html
Comments
Loading...