Obyek Wisata Alam Situ Patok Danau di Cirebon

0 178

Situ Patok

Danau Situ Patok merupakan salah satu obyek wisata berbentuk danau di Kabupaten Cirebon. Letaknya di Desa Mundu, Cirebon Timur, kira-kira 10 Km jauhnya dari kota Brebes. Jika pengunjung datang dari kota Cirebon, maka tempat ini dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 6 Km arah Tegal. Luas Situ Patok ini sendiri mencapai 175Ha, dan potensi lahan yang dikembangkan untuk pembuatan dermaga tempat sandar kapal, rumah makan artistik dan beberapa sarana penunjang lain sebanyak 7 Ha dengan status tanah negara. Di sekitar Situ Patok terdapat sebuah pulau kecil yang sering disebut Situ Gunung, konon Situ Gunung berbentuk sebuah bukit kecil dan terdapat makam disana. Beberapa sumber menyebutkan, keindahan Situ Patok dapat terlihat jelas jika pengunjung melihatnya dari puncak gunung Situ di Pulau Situ Gunung.

Fasilitas di Situ Patok 

Danau Setu Patok memiliki beberapa fasilitas yang membuat liburan anda semakin nyaman seperti, area parkir yang luas, Musholla, kamar mandi/ toilet umum dan penginapan. Sementara disisi lain, objek wisata ini memiliki Ciwalk atau sebuah area wisata yang berada di tepi waduk. Fasilitasnya pun seperti pondok wisata, area outbound, camping area dan kolam renang. Terdapat pula lintasan ATV, area painball dan lain sebagainya. Anda bisa pula menemukan warung – warung kecil di sekitar lokasi untuk menikmati makanan ketika berkunjung.

Harga Tiket Masuk Situ Patok

Ketika pengunjung berkeinginan untuk pergi menuju bukit tersebut ada fasilitas untuk menuju bukit tersebut, setiap pengunjung akan dikenakan tariff sebesar Rp. 20.000/orang, pengunjung akan diantar jemput oleh penyedia perahu boot yang dikelola oleh masyarakat sekitar.  Dengan membayar Rp. 20.000 pengunjung akan merasakan pesona waduk setu patok yang sangat luar biasa karena pemandangan akan lebih menarik dan lebih indah ketika pengunjung berada di bukit yang terdapat di tengah waduk setu patok. Tapi pengunjung diharapkan berhati hati ketika berada di bukut tersebut, dikarenakan kemiringan nya sangat tajam kalau tidak berhati hati bisa terpeleset karena sebagian besar bukit nya berupa hamparan padang rumput jarang sekali pohoon yang besar.

Akses Menuju Situ Patok

Akses menuju lokasi yang terletak di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu terbilang cukup mudah. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat melalui dua jalur yang tersedia, yakni melalui jalur pantai utara di kawasan Mundu atau melalui Perumnas Argasunya. Dua jalur tersebut sama-sama dapat diakses dari wilayah Kota Cirebon.

Namun, umumnya wisatawan banyak mengakses melalui jalur pantura, karena letak jalan masuknya berada di seberang jalan persis setelah memasuki jembatan perbatasan Kabupaten Cirebon. Tidak perlu khawatir tersasar menuju ke lokasi. Cukup berkendara mengikuti jalur yang akan memakan waktu sekitar 20 menit sejak masuk dari jalur pantura. Di sepanjang jalan pun terdapat rumah-rumah warga jika Anda merasa perlu bertanya mengenai akses ke lokasi. Kendaraan pun nantinya dapat disimpan di area parkir yang luas sepanjang jalan masuk setu.

Source Jalan Wisata vebma.com
Comments
Loading...