Obyek Wisata Alam Situ Bolang di Indramayu

0 230

Situ Bolang

Pesona Situ Bolang merupakan salah satu destinasik wisata alam yang berada di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu Jawa Barat mulai pudar lantaran tak menampung banyak air meskipun saat ini telah memasuki musim penghujan. Situ Bolang merupakan obyek wisata alternatif yang berjarak sekitar 20 Km dari Indramayu Kota yang memiliki luas 6,25 Ha dan mampu menampung air sekitar 425.000 m3. Sarana wisata yang tersedia di Situ Bolang biasanya adalah memancing, rekreasi air, dan areal sekitarnya terkadang dijadikan lokasi perkemahan.

Mitosnya, dulu tanah yang merupakan Situ Bolang sekarang ini merupakan hamparan kebun dengan rerumputan tempat kerbau-kerbau digembala. Pada saat itu, banyak kerbau yang hilang tanpa sebab. Disaat bersamaan, keluar mata air di kawasan yang kini menjadi Situ Bolang. Objek wisata Situ Bolang sendiri menurut saya terbilang masih sepi. Pendapatan yang didapat pengelola hanya berasal dari warung-warung yang berjualan di sekitar kawasan wisata.

Akses Menuju Situ Bolang

Namun, menurut salah satu warga Cikedung, objek wisata yang menjadi salah icon desa tempat saya melaksanakan KKN ini identik dengan “warung remang-remang” jika kita mengeksplor jajaran warung lebih dalam. Terlepas dari asumsi tersebut, saya tetap menikmati ketenangan yang disajikan kawasan wisata. Terlebih disana sudah tersedia pusat informasi yang dikelola oleh PM setempat.

Untuk menjangkau ke Taman Wisata Situ Bolang tidaklah sulit. Bisa dijangkau dari Jalan Pantura Desa Larangan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu – Desa Tugu – Desa Tunggul Payung – Desa Jatisura – Situ Bolang jaraknya skeitar 9 Km. Atau juga bisa ditempuh dari Jalan Pantura Desa Jangga – Desa Pegagan – Pasar Terisi – Desa Cikedung – Desa Jambak – Desa Jatisura – Situ Bolang.

Source Jalan Wisata chandra
Comments
Loading...