Obyek Wisata Alam Situ Biru Cilembang Sumedang

0 85

Situ Biru Cilembang

Obyek Wisata Alam Situ Biru Cilembang Sumedang merupakan salah satau destinasi wisata alam  yang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Danau ini diperkirakan memiliki kedalaman sekitar tiga meter. Airnya berwarna biru dan sangat jernih. Wisata danau dengan pemandangan keren ini memiliki banyak nama pemberian netizen, antara lain Sirah Cilembang, Situ Cilembang, dan Danau Biru Hariang Cilembang. Ada juga yang menyebutnya Labuan Cermin Sumedang, karena seindah danau Labuan Cermin di Biduk-Biduk, Kalimantan Timur yang juga memiliki air berwarna biru jernih.

Lokasi  Situ Biru Cilembang

Secara administratif Situ Biru Cilembang ini berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Tiket Masuk Situ Biru Cilembang

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan birunya danau mini ini kamu hanya perlu membayar biaya seikhlasnya sebagai perawatan dari wisata alam ini. Namun saat ini, Situ Biru Cilembang telah digarap oleh pemuda Karang Taruna desa Conggeang, dan dikemudian hari akan diberlakukan sistem retribusi tiket setelah mendapat persetujuan dari pengurus desa dan warga setempat yang tanahnya dipakai sebagai akses jalan dan berdekatan dengan kawasan wisata Situ Biru Cilembang. Selain itu kamu hanya perlu membayar parkir sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan motor dan 5.000 rupiah untuk kendaraan mobil.

Rute Menuju Situ Biru Cilembang

Untuk bisa sampai di Situ Biru Cilembang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan pun sudah bagus meskipun ada jalan yang berlubang atau bergelombang di beberapa titik. Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, kembali arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Buahdua, Desa Hariang. Kurang lebih sekitar 5 km dari Pertigaan Legok menuju Desa Hariang. Berikut adalah rute singkat apabila bertolak dari Kota Bandung ; Kota Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN, ITB & UNPAD) – Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makan Cut Nyak Dien) – Perempatan Cimalaka – Pertigaan Legok – Kecamatan Buahdua – Desa Hariang.

Source Jalan Wisata ridwan
Comments
Loading...