Obyek Wisata Alam Pulau Nusa Barong di Jember

0 75

Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong merupakan salah satu wisata alam yang berada dalam wilayah Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Objek wisata Jember tidak kalah menawan dengan tempat lainnya.

Sayang, daerah ini sering terlupakan karena banyak turis memilih berkunjung ke Pulau Bali. Padahal, di lepas pantai selatan Jember ada banyak surga tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Seperti Nusa Barung atau lebih dikenal dengan Nusa Barong, pulau terluar Indonesia dengan sejuta keindahan.

Thailand punya Phi-Phi yang eksotis. Banyak yang menyebut Nusa Barong sebagai Phi-Phi-nya Indonesia karena memiliki kemiripan. Wisata alam ini berada di selatan kota Jember atau tepatnya sekitar 4,5 km di arah barat daya Puger (Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger). Selama ini pulau tersebut hanya dihuni oleh beragam satwa seperti penyu hijau, rusa Jawa, biawak air dan monyet.

Keindahan Pulau Nusa Barong

Karena jarang tersentuh oleh tangan manusia, Nusa Barong masih asri dan hijau. Dari kejauhan, perpaduan hutan mangrove, pantai serta daratan rendah sangat memanjakan mata.

Sementara itu, pantai di pulau dengan luas 6100 hektar ini masih bersih dan enak untuk berjemur. Kamu bisa menatap keindahan laut yang berwarna biru kehijauan dengan puas. Atau berenang cantik sekaligus menikmati cantiknya karang yang terlindungi di sana.

Akses Menuju Pulau Nusa Barong

Perjalanan menuju Nusa Barong memang tidak mudah. Dari Surabaya, kamu bisa mengendarai motor atau juga naik angkutan umum jurusan Jember. Setelah sampai di terminal, naik angkutan kota menuju Puger Wetan. Sampai di pelabuhan Puger, banyak nelayan yang menyewakan perahunya dengan harga bervariasi untuk mencapai Nusa Barong.

Sebagian besar membandrol biaya Rp 1,5 juta untuk maksimal 10 orang dan sampai di tujuan dalam waktu satu jam setengah. Nah, sebelum berangkat, kamu juga wajib mengantongi izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember.

Daya Tarik Pulau Nusa Barong

Saat musim angin barat atau atau musim penghujan, Bidang KSDA pasti akan menolak kepergian wisatawan yang bertujuan ke Nusa Barong. Hal ini karena kencangnya angin laut yang sangat berbahaya untuk mereka. Tidak perlu khawatir, Jember masih memiliki banyak tempat lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah pantai Puger yang biasa digunakan nelayan berlabuh. Tidak jauh dari sana, ada pantai lain yang cukup terkenal di Jawa Timur. Apalagi kalau bukan Pantai Papuma yang berjarak 24 km dan bisa di tempuh selama 1 jam-an.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/nusa-barong/40049/
Comments
Loading...