Obyek Wisata Alam Pantai Cijayana Garut

0 42

Pantai Cijayana

Pantai Cijayana merupakan salah satu wisata alam yang berada di Garut, lokasi pantai lainnya Wisata Garut Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi selain Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk, dan wisata pantai yang lainnya. Pantai ini berada di Desa Cijayana, Kec Bungbulang, Garut, Jawa Barat atau sekitar 87 km dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh kurang lebih 4 – 4,5 Jam. Kawasan ini memiliki luas ± 9 Ha yang memiliki konfigurasi lahan yang datar dengan kemiringan landai serta stabilitas tanah sedang juga daya serap tanah yang masih alami.

Keindahan Pantai Cijayana 

Pantai Cijayana mendapat julukan sebagai Laut di atas Awan. Julukan ini diberikan karena posisi laut dan deburan ombaknya mencapai satu meter seakan-akan membuat pantai ini berada di atas awan. Warna lautnya yang kebiru-biruan seperti cahaya permata yang berserakan di atas awan putih menambah keindahan serta keeksotisan pantai ini. Jajaran batu karang di tepi pantai juga begitu tertata rapi dan membuat pantai ini sangat menarik untuk dijelajahi lebih dalam lagi.

Bagi pengunjung yang datang ke pantai ini, dapat bersantai sambil menikmati gemilirnya angin yang bertiup sepoi-sepoi. Pantai ini memiliki pasir yang halus dengan warna alami putih kecoklatan. Pantai Cijayana memiliki tepi pantai yang luas dan lapang. Panjang pantai ini sekitar 2000 meter dan lebarnya lebih dari 200 meter.

Sedangkan flora yang dominan banyak tumbuh di tepi pantai ini adalah pandan bidur. Stabilitasi pantai ini baik karena tingkat abrasinya kecil. Kondisi perairannya juga cukup baik seperti warna airnya yang biru dengan bau airnya normal dengan temperatur yang normal pula. Pantai ini mempunyai tinggi gelombang rata-rata satu meter dengan kekuatan tiupan angin yang sedang. Selain itu pantai ini juga mendapat sinar matahari yang cukup. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai Cijayana seperti menikmati pemandangan alam pantainya, berpiknik, berjalan-jalan di tepi pantai dan berjemur. Bahkan kita juga bisa bermain di tepi pantai dan memancing ikan.

Harga Tiket Masuk Pantai Cijayana

Pantai Cijayana dibuka untuk umum setiap hari. Dengan tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang, Anda dapat menikmati keindahan Panti Cijayana sampai puas. Area parkir yang disediakan juga cukup luas dengan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000. Sementara harga parkir untuk mobil sedan, minibus dan angkutan sebesar Rp 10.000.

Akses Lokasi Menuju Pantai Cijayana

Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Rancabuaya. Jarak pantai ini dari pusat kota Garut sekitar 4 – 5 jam perjalanan. Rute perjalanan menuju pantai ini dari Bandung dapat melewati Pangalengan kemudian Cisewu dan Rancabuaya. Alternatif lain adalah dari Bandung melalui Ciwidey lalu ke Cidaun kemudian Rancabuaya.

 

Source Jalan Wisata vebma.com
Comments
Loading...