Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-Hjwn4x.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Alam Palutungan Kuningan

0 358

Wisata Palutungan

Wisata Palutungan merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Hal tersebut bukan tanpa sebab, mengingat lokasinya yang hanya berjarak sekitar 11 km atau dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dari pusat kota. Objek wisata Palutungan terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Palutungan merupakan wisata alam yang berada di kaki Gunung Ceremai, tepatnya berada pada ketinggian 1.100 mdpl. Di kawasan ini terdapat bumi perkemahan, yang juga menjadi titik awal para pendaki yang ingin melakukan pendakian menuju Puncak Ciremai.

Nama Lain Wisata Palutungan

Nama Palutungan sendiri diambil dari lutung, nama satwa sejenis kera, yang dahulu banyak ditemukan di sekitar kaki Gunung Ceremai. Objek wisata alam Palutungan tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tetapi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas liburan, seperti penyewaan tenda dan permainan Flying Fox. Menempati areal seluas 50 hektar, wisata alam yang dibuka pada tahun 1984 ini juga dilengkapi curug bernama Ciputri. Melewati jalan setapak sekitar 300 meter, Curug Ciputri menjadi primadona yang membuat pengunjung betah berlama-lama di area wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Palutungan

Harga tiket masuk untuk kawasan Palutungan ini adalah sebesar Rp 13.000 per orang. Wahana flying fox dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang. Untuk tiket outbound atau Fun Games biayanya Rp 10.000 per orang. Ada juga paket pre-wedding dengan kapasitas maksimal 10 orang sebesar Rp 250.000. Harga tiket campingnya sebesar Rp 13.000 untuk satu malam. Sementara harga camping lengkap ditambah pelayanan dikenakan biaya menjadi Rp 50.000 untuk satu malam. Harga tiket masuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000. Bumi perkemahan ini dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Akses Menuju Wisata Palutungan

Bumi perkemahan ini berlokasi di Desa Palutungan. Untuk menuju wisata Palutungan ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua bahkan untuk yang datang berombongan menggunakan jas bus pun bisa masuk. Jarak Palutungan dari pusat kota Kuningan sekitar 11 kilometer Kondisi jalannya sudah beraspal sehingga nyaman untuk dilalui.

Source Jalan Wisata indonesia kaya
Comments
Loading...