Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-o0vFSR.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Alam Gunung Batu Lembang Bandung Jawa Barat

0 251

Gunung Batun Lembang 

Gunung Batu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mempunyai  panjang 22 kilometer dan lebar sekitar 300 meter, Gunung ini terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Bandung Barat Indonesia, menurut warga sekitar gunung tersebut terbentuk karena letusan Gunung Sunda purbakala yang sebagian besar material letusan gunung tersebut adalah batu, karena hal itu lah Gunung Batu ini memiliki komposisi batuan padat dan kokoh.

Gunung Batu memiliki ketinggian 1335 mdpl, di mana tinggi tersebut merupakan relatif rendah sehingga banyak sekali yang melupakan Gunung ini. Namun untuk anda yang merupakan seorang pemula dan ingin berburu matahari terbit atau hanya sekedar ingin menikmati suasana alam dari ketinggian, maka Gunung Batu lah tempat yang cocok untuk anda.

Fakta Gunung Batu

Sebelum kita membahwa mengenai keindahan pemandangan dari puncak Gunung Batu, akan lebih baik jika kita mengetahui fakta mengenai terbentuknya gunung ini. Seperti yang sudah kami jelaskan diawal tadi, di mana gunung Batu Lembang merupakan bagian dari patahan Lembang sepanjang 22 KM membentang dari kaku Gunung Manglayang dibelah timur hingga kawasan bukti kapur padalarang yang merupakan obyek penelitian LIPI. Pada tahun 2008 LIPI mengumumkan hasil penelitian, di mana diketahui jejak gerakan gempa selama 3000 tahun terakhir dan telah terjadi lebih dari tujuh kali pergerakan besar pasa sesar Lembang. Namun hingga kini belum diketahui mekanisme pergerakan patahan Lembang ini.

Selain itu menurut penelitian yang di lakukan oleh Broan Atwer, seorang ahli paleoseismolog dari United States Geological Survey (USGS), terdapat sebuah ancaman munculnya gempa bumi dari patahan lembang tersebut. Di mana hal tersebut termasuk kategori kelas dunia karena patahan Lembang berada di Kota Badung yang padat penduduk dan jika patahan sepanjang 22 KM tersebut bergerak secara serempak, maka dapat menimbulkan gembat yang sangat dahsyat hingga keuatan 6.7 skala Richer. Terlepas dengan hal itu semua, Gunung Batu Lembang memiliki pesona alam yang cukup menakjubkan.

Rute Menuju Gunung Batu

Untuk menuju ke lokasi gunung batu anda dapat menempuh perjalanan dari pusat kota Lembang melalui desa buni asih atau jalan Maribaya bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses yang muda anda bisa sampai ke lokasi gunung batu. Namun untuk anda yang ingin menggunakan transportasi umum seperti angkot, anda bisa menggunakan angkot dengan rute perjalanan Lembang-Cibodas hingga pasar Lembang, dari situ anda bisa naik delman supaya di antarkan ke lokasi area Gunung Batu dan dari situ hiking dapat di mulai. Dikarenakan Gunung Batu masih belum dikelolah secara formal oleh pemkab Bandung Selatan maupun pihak swasta, bisa di pastikan bahwa untuk masuk ke gunung batu kita tidak dikenakan biaya alisan gratis. Meskipun tergolong dalam wisata gratis namun wisata Gunung Batu Lembang menyimpan banyak pesona yang tidak akan anda temukan di tempat lain.

Keindahan Gunung Batu

Gunung Batu merupakan gunung yang sebagian besar permukaan arealnya didominasi dengan batuan ukuran besar yang berada di puncaknya. Nah, karena permukaan gunung yang didominasi batu besar ini membuat hampir tidak ada pohon yang tumbuh di sekitar area gunung, hanya rumput ilalang saja yang bisa tumbuh di area puncak gunung ini. Dari puncak gunung Batu kita bisa menikmati pemandangan kota Bandung yang dikelilingi dengan pegunungan membuatnya semakin indah.

Selain itu kita juga bisa melihat dari kejahuan gunung-gunung yang ada di Bandung seperti Gunung Takuban Parahu, Gunung Putri dan Gunung Burangrang. Selain bisa menikmati pemandangan alam pegunungan Bandung, kita juga bisa menikmati pemandangan surise sangat indah dengan perpaduan cahaya matahari pagi dengan pemandangan gnung bukit tunggul yang berada di sebalah timur dari lokasi gunung batu. Tentu saja untuk bisa menikmati pemandangan sunrise tersebut kita harus bermalam atau camping di puncak Gunung Batu.

Source Jalan Wisata Walter Pinem
Comments
Loading...