Obyek Wisata Alam Curug Cibolang Ciamis

0 153

Curug Cibolang adalah salah satu wisata alam  nama lain Curug Cibolang Curug Tujuh. Sesuai dengan namanya curug ini mempunyai 7 (tujuh) buah air terjun (curug) yang tersebar dan tidak berjauhan letaknya.  Bahkan curug 4 dan 5 letaknya berdampingan hanya terpisah kurang lebih 2 meter jaraknya, sehingga dengan demikian untuk dapat menikmati keindahan dan keasrian ketujuh air terjun tersebut, adalah dengan cara mengitari bukit, menapaki jalan setapak mulai dari kaki ke puncak bukit dan kembali lagi.

Setiap curug ini memiliki nama yaitu, Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke sungai Cibolang dan Cimantaja.  Curug ini berada di dalam Kawasan Wana Wisata Curug Tujuh di RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis, dengan luas sekitar 40 ha yang dikelilingi Bukit Ciparang dan Cibolang di kaki Gunung Sawal.  Kawasan ini terletak pada ketinggian antara 800-900 m dpl dengan suhu  udara berkisar 17-18C. Keberadaan Curug ini mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan kebanyakan air terjun lain pada umumnya, karena air terjun ini tidak pernah surut sekalipun di musim kemarau, dan air yang mengalir mengandung unsur belerang yang berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Lokasi Curug Cibolang 

Lokasinya terletak di Kampung Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat. Jenis fasilitas yang tersedia antara lain loket karcis, papan petunjuk, pos jaga, tempat parkir, MCK, bangku, pusat informasi, tempat sampah, jalan setapak, mushola, bumi perkemahan seluas kurang lebih 2 ha, shelter dan areal api unggun. Tiket masuk adalah Rp 3500/orang. Biaya parkir Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3000 hingga Rp 5000.

Aksesbilitas Curug Cibolang

Berjarak kurang lebih 35 km arah utara kota Ciamis atau 5 km dari kecamatan Panjalu. Wana wisata ini dapat dicapai dari arah barat dari Kecamatan Panjalu atau kota Bandung melalui Malangbong, Ciawi dan Rajapolah. Sedangkan dari arah timur dari Kabupaten Ciamis melalui kecamatan Kawali. Jika berangkat dari arah barat (arah Bandung) setelah melewati kecamatan Ciawi akan ditemui jalan percabangan dimana ke kiri menuju kota Tasikmalaya, sedangakan arah lurus (melewati over pass) menuju arah Rajapolah yang selanjutnya ke kota Ciamis. Sesampainya di daerah gentong, kira-kira lima menit dari percabangan tadi, ambil belokan jalan ke kiri di pertigaan SPBU Gentong untuk menuju Panjalu. Jalan ini dikenal dengan jalan raya Panjalu – Kawali. Kondisi jalan ini sudah  beraspal baik. Setelah melewati Situ Panjalu dan alun-alun Panjalu Ikuti saja jalan ini, yang dikenal dengan jalan raya Panjalu – Kawali.

Source Jalan Wisata wisata air terjun
Comments
Loading...