Obyek Wisata Alam Curug Cibeureum Sukabumi Jawa Barat

0 154

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum merupakan salah satu destinasi wisata alam,  Curug Cibeureumbahasa Sunda yang berarti Air Terjun, Curug Cibeureum Sukabumi ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Perbawati, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat 43151 dan masih dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, air terjun Cibeureum ini terbilang sudah sangat populer, terutama dikalangan pendaki yang sering atau pernah naik di gunung Gede maupun Pangrango.

Karaktristik Curug Cibeureum 

Curug Ciberueum memiliki karakteristik aliran air yang cukup deras namun tidak terlalu tinggi, ditambah dengan jernihnya air yang mengalir dan segarnya udara sekitar menjadikan wisatawan betah beralama-lama disini. Tak hanya itu saja, Curug Cibeureum sendiri sebenarnya terdiri dari tiga air terjun, yaitu Curug Cibeureum yang menjadi air terjun utama dan dua air terjun lainnya bernama Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Daya Tarik Curug Cibeureum 

Curug Cibeureum terletak paling kiri dengan aliran air paling deras dan paling pendek, di kanan Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng dengan ukuran lebih langsing dan lebih tinggi, dan disamping Curug Cidendeng (paling kanan) merupakan Curug Cikundul, lokasinya yang tersembunyi diantara tebing menjadikan tidak banyak wisatawan yang mengunjungi air terjun tersebut. Ketiga air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1675 Mdpl dengan memiliki tinggi rata-rata sekitar 40-50 meter, keindahan inilah yang menjadikan kawasan wisata alam Curug Cibeureum selalu ramai dikunjungi wisatawan, tak hanya wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan daerah hingga mancanegara juga tertarik untuk berkunjung.

Aksesbilitas Curug Cibeureum 

Untuk mengakses wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kelebihan untuk menggunakan kendaraan pribadi tentunya Anda bisa memarkirkannya di pintu masuk Taman Nasional nantinya. Disisi lain kekurangannya adalah Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Karena Anda akan di kenakan biaya masuk kendaraan sebanyak dua kali yakni pertama dipintu masuk Cibodas, kemudian memasuki Taman Nasional.

Untuk memasuki wilayah Taman Nasional Gunung Pangrango Anda harus membayar sebesar Rp 13.500,- termasuk biaya asuransi perorang. Menurut keterangan dari petugas di pos penjualan tiket, jarak dari pintu masuk hingga lokasi Curug Cibeureum adalah sekitar 2.6 kilometer. Perkiraan waktu tempuhnya sendiri bisa berkisar pada waktu satu hingga satu setengah jam, tentunya bergantung pada kondisi alam dan tubuh Anda sendiri. Sebagai keterangan tambahan, Anda juga dapat membeli tiket untuk mendaki di loket yang sama, tapi harus mengirimkan email terlebih dahulu.

Source wisata kompas.com
Comments
Loading...