Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-A1fv6h.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Alam Bukit Kandang Badak Cianjur Jawa Barat

0 258

Kandang Badak

Kandang Badak merupakan salah satu wisata alam yang lokasinya strategis yang dipakai oleh para pendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango untuk mendirikan tenda. Lokasinya yang berada di pertemuan kaki kedua gunung tepatnya di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, itu menjadikan Kandang Badak tempat ideal untuk istirahat sebelum melanjutkan pendakian ke Puncak Gede atau Puncak Pangrango. Tak heran bila musim pendakian, tempat itu seperti pasar malam. Tenda jenis doom maupun yang biasa terlihat bertebaran di semua tempat yang memungkinkan tenda didirikan. Tempat yang agak miring pun laku. Bahkan karena saking ramainya, ada kalanya pendaki yang datang belakang tidak kebagian tempat sehingga dengan terpaksa memasang tenda di lokasi yang agak jauh atau memilih melanjutkan perjalanan.

Akses Menuju Kandang Badak 

Selain tempatnya yang strategis, Kandang Badak memiliki mata air melimpah yang tak ada habis-habis. Dari sumber air di dekat bangunan yang terdapat plang bertuliskan Kandang Badak, para pendaki mendapatkan air untuk masak atau keperluan lain. Mereka yang akan melanjutkan pendakian biasanya akan mampir sejenak untuk memenuhi tempat air yang dibawa. Dimulai dari pertigaan di dekat Kandang Badak, kita akan mencapai Puncak Pangrango bila berbelok ke kanan.

Jaraknya 3 kilometer. Jika berbelok ke kiri, dalam waktu dua jam dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer, kita akan sampai Puncak Gede. Saat saya dan tim melakukan pendakian, setelah berkemah semalam di Kandang Badak, kami memilih mendaki menuju Puncak Pangrango dahulu. Setelah itu kami turun dan kembali ke pertigaan terus melanjutkan pendakian menuju Puncak Gede. Dalam waktu setengah hari, tepatnya dari jam 08.00 WIB sampai 21.30 WIB, kami berhasil menginjakkan kaki di kedua puncak gunung tersebut. Melelahkan sekaligus menyenangkan. Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

Rute Menuju Kandang Badak 

Rute yang paling enak untuk mencapai Kandang Badak adalah dari Kebon Raya Cibodas. Di sepanjang jalan menuju lokasi, banyak tempat yang bisa disinggahi, di antaranya adalah telaga biru, air terjun, dan mata air panas. Dari Kandang Badak, perjalanan bisa dilanjutkan ke Puncak Pangrango kemudian turun ke Kandang Badak dan kembali ke Cibodas. Atau dari Kandang Badak langsung mendaki Puncak Gede. Atau seperti yang kami lakukan, sekaligus mendaki dua puncak, Pangrango-Gede, kemudian turunnya ke arah Desa Gunung Putri.

Source Jalan Wisata Hello Semarang
Comments
Loading...