Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-pehs0l.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Alam Beji Sirah Keteng di Ponorogo

0 153

Beji Sirah Keteng

Ponorogo tampaknya tak ada habisnya menyajikan spot indah yang menarik untuk dijadikan objek liburan. Salah satu objek pelesir yang layak untuk didatangi adalah Beji Sirah Keteng. Beji Sirah Keteng adalah pilihan yang tepat. Destinasi yang satu ini merupakan salah satu wisata tempat liburan yang menawarkan kolam dan arca. Kolam yang terdapat di Beji Sirah Keteng ini memiliki luas mencapai 1 hektar lebih.

Lokasi Beji Sirah Keteng

Beji Sirah Keteng ini memlikiki luas kolam yang berada di Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pengunjung akan dibuat terkagum-kagum dengan bentangan luas kolam yang ada tempat ini.

Keunikan Beji Sirah Keteng

Jernihnya air yang ada di kolam ini membuat siapapun tak segan-segan untuk segera bermain air. Selain itu, objek lain yang menjadi daya tawar Beji Sirah Keteng adalah arca yang berbentuk kepala manusia raksasa. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa arca besar tersebut merupakan wujud dari sosok Ratu Boko, yang terkenal dalam legenda sejarah masyarakat Jawa.

Sejarah Beji Sirah Keteng

Beji Sirah Keteng, merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono. Konon Beji tersebut ada sebuah urung jalan air dimana itu tembusan dari Segoro Kidul, memang itu dibuktikan dengan membuang merang dari sebuah aliran sungai dari laut selatan dan ternyata tembus sampai Beji.

Source https://nusantaranews.co https://nusantaranews.co/beji-sirah-keteng-tawarkan-keelokan-cagar-budaya/
Comments
Loading...