Obyek Wisata Alam Air Terjun Tuwondo Bantul Yogyakarta

0 225

Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo adalah air terjun yang menjadi kawsan wisata baru di daerah Piyungan, Bantul. Kawasan air terjun ini masih dalam pegembangan obyek wisata berbasis pedesaan. Berkunjung ke air terjun Tuwondo ini akan lebih asyik saat musim hujan gaes, airnya terlihat deras. Akan lain kabarnya jika berkunjung pada saat musim kemarau. Lokasi wisata alam Grojogan Tuwondo ini berada di kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. Kalau kamu pernah menemukan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Piyungan, maka lokasi air terjun ini dekat dengan TPA tersebut. Jarak dari lokasi dan TPA hanya satu bukit. Oleh karena kawasan bau tidak sedap akan menghampiri hidung tatlkala angina berhembus.

Selain itu, adanya bunyi Buldozer juga terdengar hingga ke lokasi air terjun. Letak air terjun ini berada di lereng perbukitan pemukiman warga. Papan informasi ke kawasan wisata ini telah terpasang di beberapa titik mulai dari gang kecil dari Jalan Piyungan – Pleret smpai ke lokasi.

Akses Menuju Air Terjun Tuwondo

Untuk menuju ke lokasi kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua. Rutenya dari Lampu Merah Kids Fun ambil arah selatan menuju ke Gedung Serba Guna Banyakan. Dari GednungSerba Guna ikuti jalan sekitar 200 meter sampai ada gang kecil dengan kondisi jalan beraspal dengan leber 2 meter. Selanjutnya memasuki gang dan melewati areal persawahan. Tiba di sebuah pertigaan ambil ke arah kanan menuju ke Air Terjun Tuwondo dan kalau ambil ke kiri kea rah Bukit Bucu. Lurus ikuti jalan hingga ke parkiran Air Terjun Tuwondo.

Asal Usul Air Terjun Tuwondo

Asal usul nama Air Terjun Tuwondo ini berasal dari kata ‘tu’ yang berarti watu alias batu, dan ‘ondo’ yang berarti tangga. Rupanya air terjun ini bertingkat dan menyerupai tangga sehingga disbeut Tuondo atau sekarang dikenal dengan Tuwondo. Air Terjun Tuwondo Banyakan ini memiliki bentuk air terjun dengan tingkat tiga dan terbelah menajdi dua aliran. Setiap tingkatannya mempunyai ketinggian sekitar 3 hingga 5 meter. Sekitar air terjun ada banyak pepohonan jatu dan juga semak belukar. Bebatuan yang ada selama perjalanan adalah batu andesit dan batu kapur. Bagi pengunjung memang ke lokasi akan banyak dilakukan himbauan untuk memperhatikan larangan yang berada di dinding batu sekitar air terjun.

Keindahan Air Terjun Tuwondo

Air terjun di kawasan ini memang tidak sebegitu jernih air terjun alin yang ada di Bantul lain atau Kulon Progo. Di kawasan ini air berwarna sedikit kecoklatan merah akibat adanya partikel halus dari tanah merah yang banyak terdapat air terjun. Ada endapan tanah yang tidak hanyut di dasar aliran air terjun. Tidak perlu khawatir akan kuliatas airnya karena masih baik dan tidak tercemar. Sebelum kawasan dibuka sebagai kawasan wisata, air terjun Tuwondo ini adalah tempat untuk mandi ternak mereka. Namun karena melihat kawsan yang sangat potensial untuk tempat wisata maka penduduk berhenti memandikan sapi di kawasan ini. karena aktivitas tersebut pasti akan mengganggu para wisatawan.

Fasilitas Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo ini banyak dikunjungi saat musim penghujan saja. Fasilitas di kawasan ini sudah termasuk cukup memadai karena sudah dibangun berupa akses jalan area parkir, namun belum ada kamar mandi umum. Tiekt masuk air terjun Tuwondo ini gratis dan hanya diperkenankan membayar parkir kendaraan Rp. 2.000. Selamat Ngetrip gaes!.

Source http://www.tuguwisata.com http://www.tuguwisata.com/air-terjun-tuwondo/
Comments
Loading...