Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-N4m707.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Alam Air Terjun Curug Putri Brebes Jawa Tengah

0 165

Curug Putri

Curug Putri merupakan obyek wisata air terjun yang berada di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya Curug Putri ini memiliki dua pancuran air yang juga sering disebut curug kembar. Namun seiring perjalanannya, debit air semakin mengecil sehingga hanya menyisakan satu air terjun saja. Curug Putri yang indah ini memiliki ketinggian lebih kurang 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu yang sisi-sisinya membentuk ukiran alami sehingga menambah keindahan curug tersebut.

Sejarah Curug Putri

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar kenapa air terjun tersebut dinamakan Curug Putri adalah curug yang berarti air terjun, dan putri yang di maksud bukan wanita maupun putri raja namun bidadari dari kayangan. Menurut cerita para sesepuh di kampung sekitar Curug Putri ini dulunya adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan, sehingga dinamakan Curug Putri.

Keindahan Curug Putri

Dulunya Curug Putri ini memiliki dua air terjun, dan lebih di kenal sebagai curug kembar. Namun lama kelamaan debit air di salah satu sungai ini menurun, sehingga saat ini hanya satu curug. Walaupun tinggal satu air terjun yang tersisa, ternyata tidak mengurangi keindahan yang ada di curug tersebut. Dari keindahannya. Dengan ketinggian air terjun yang cukup tingggi yaitu sekitar 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu pada sisi-sisinya yang membentuk pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Akses Menuju Curug Putri

Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampai Anda di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Akses jalan menuju lokasi Curug Putri memang cukup sulit. Selain belum diaspal, kendaraan yang dibawa hanya dapat sampai di pertengahan Dukuh Padanama. Sisanya kita harus menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sejauh 500 meter. Medan perjalanan juga cukup berat, karena harus melalui tebing cukup terjal.
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, jika dari arah Purwokerto ke Tegal turun di pertigaan Kaligadung atau di POM Bensin Sakalibel. Sebaiknya bertanya kepada tukang ojek atau petugas POM, arah menuju Curug Putri (Sirampog). Setelah sekitar setengah jam perjalanan, akan sampai di Prapatan Sirampog. Selanjutnya di prapatan ini ambil arah ke utara ke Dukuh Padanama. Disitu, warga sekitar akan dengan senang hati memberi petunjuk kepada anda lokasi Curug Putri.
Source wisata wisata air terjun
Comments
Loading...