Obyek Wisata Air Terjun Sikarim Wonosobo

0 145

Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang memiliki ketinggian 24 meter dengan latar belakang bukit Sikunir yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka.

Air terjun ini mengalir deras menyusuri dinding batu dari atas ketinggian dengan dua jalur aliran air. Tak jauh lokasi ini terdapat juga Air Terjun Sipendok yang terletak di sebelah atas kiri bukit. Ketinggian air terjun ini cukup tinggi sekitar 70 m. Sayangnya untuk menuju air terjun tersebut cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam.

Akses Menuju Air Terjun Sikarim

Dari jalur menuju Telaga Menjer, ambil arah kiri menuju Desa Mlandi. Perjalanan akan melalui beberapa desa. Dari desa terakhir, Sirangkel, perjalanan harus ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit, karena memang kondisi medan yang cukup berat. Namun justru inilah sensasi yang benar-benar luar biasa.

Lokasi Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim teletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo.

Rute Menuju Air Terjun Sikarim

Tiba di lokasi, mata kita akan terbelalak dengan lambaian air terjun setinggi kurang lebih 30 meter yang terbelah menjadi dua. Begitu anggunnya tarian air terjun alami ini, seolah sedang menyaksikan dua helai selendang panjang yang melambai-lambai, tampak seperti tarian yang sangat lembut dan gemulai. Inilah fenomena alam yang tiada duanya, rangkaian perjalanan panjang, namun tidak terasa melelahkan, dengan satu sajian panorama alam yang sangat mempesona.

 

Tips Berwisata ke Air Terjun Sikarim

  1. Jika berencana menggunakan mobil sendiri direkomendasikan menggunakan pengemudi yang sudah berpengalaman, rekomendasi menggunakan kendaraan roda 2 lebih baik.
  2. Datanglah ke Air terjun Sikarim dengan lokal guide (Pemandu Wisata Dieng) jangan melakukan perjalanan sendiri.
  3. Musim kemarau cocok untuk melakukan perjalanan ke Air Terjun Sikarim.
Source wisata wonosobo
Comments
Loading...