Obyek Wisata Air Terjun Pengantin Karanganyar

0 226

Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin merupakan salah satu obyek wisata air yang ada di Karanganyar. ini terletak di Dusun Banaran, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 43 km dari Kota Solo. Air terjun ini masih satu desa dengan Candi Cetho, kalau dari jalur Kemuning ke Jenawi, Candi Cetho arahnya belok kanan, sedangkan air terjun ini masih lurus sekitar 1 km, nanti akan ada papan penunjuk “Air Terjun Pengantin” yang dibuat seadanya oleh warga. Ikutilah petunjuk yang ada atau tanyalah ke warga karena tempat ini saya cek belum masuk ke google map. Air terjun ini cuma bisa dijangkau dengan  motor karena jalannya sempit.

Akses Air Terjun Pengantin 

Dari kota Solo, ada tiga jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi air terjun, dengan jarak dan waktu tempuh yang hampir sama. Saran penulis lewat jalur utama Solo-Sragen, karena jalan lebih lebar dan kondisi aspal lebih bagus. Ketika sampai di Jalan Ngrambe – Sine sudah ada papan petunjuk menuju lokasi, ambil arah yang ke kanan (dari arah Solo).

Jalan masuk menuju lokasi sebagian besar sudah diaspal dengan baik, hanya beberapa meter sebelum ke lokasi jalan berupa cor blok. Sudah banyak papan petunjuk di sini, tidak perlu takut tersesat. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Puncak Hargo Dumilah (Gunung Lawu)dari jalan ini.

Fasilitas Air Terjun Pengantin 

Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk, Anda bisa langsung menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 120 meter dengan menuruni beberapa anak tangga yang sudah tertata rapi. Tersedia gazebo dan warung-warung makan di jalan menuju lokasi jika Anda ingin beristirahat sejenak atau membeli bekal (di lokasi air terjun tidak ada lagi warung makan).

Dengan ketinggian hanya sekitar 15 meter, aman bagi pengunjung bila mau menikmati kesejukan air terjun yang mengalir dari atas, rasanya hanya seperti mandi di bawah shower. Tidak jauh dari air terjun ada aliran sungai kecil dengan air yang jernih, aman bagi anak-anak untuk sekedar bermain air. Tapi tetap hati-hati karena licin, hendaknya tidak lepas dari pengawasan orang tua.

Source wisata karanganyar
Comments
Loading...