Obyek Wisata Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

0 147

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo merupakan wisata air terjun di kabupaten Karanganyar yang berada di lereng Gunung Lawu. Keberadaannya belum lama dibuka menjadi kawasan wisata dibandingkan beberapa air terjun lain seperti Air Terjun Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog. Air Terjun Parang Ijo dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat sekitar sebagai wisata alam dan rekreasi keluarga untuk menarik wisatawan untuk dapat berkunjung.

 

Lokasi Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo (Parangijo) berada di daerah wisata Parang Ijo, dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Akses Air Terjun Parang Ijo

Lokasi Air Terjun Parang Ijo Karanganyar berada di dalam jalur wisata Candi Sukuh-Cetho. Akses jalan sama ketika menuju jalur Tawangmangu-Sarangan. Setelah pertigaansetelahTerminalKarangpandan belok kiri menuju ke jalur wisata Candi Sukuh-Cetho tersebut. Memasuki gerbang wisata Candi Sukuh-Cetho, ikuti jalan terus hingga menemui papan petunjuk arah menuju Air Terjun Parang Ijo. Kondisi jalan menuju Air Terjun Parang Ijo Karanganyar cukup menanjak dan sedikit rusak. Kerusakan jalan sejauh beberapa ratus meter dan belum diperbaiki. Diharapkan pengemudi kendaraan berhati-hati ketika menuju tempat ini. Saat ini jalan menuju ke wisata air terjun ini hanya bisa dilalui sebatas kendaraan roda dua dan roda empat saja. Kendaraan besar seperti bus belum dapat masuk kawasan wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Parang Ijo

Fasilitas penunjang kawasan wisata ini masih dalam kondisi baik, entah karena masih sedikit jumlah pengunjungnya, atau karena baru selesai dibangun. Jalanan dan taman masih terawat dengan baik, kondisi area yang cukup bersih, beberapa mainan anak-anak, kolam renang, dan gardu pandang di beberapa sudut. Air Terjun Parang Ijo menawarkan pemandangan yang indah tidak kalah dengan air terjun lainnya di kabupaten Karanganyar. Suasana wisata air terjun yang masih sepi membuat nyaman pengunjung yang ingin berfoto ria maupun bermain air sambil menikmati ketenangan alam ini. Lokasi ini mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat namun belum dapat ditempuh dengan bus pariwisata karena jalanan cukup sempit dan melewati perkampungan penduduk.

Source wisata karanganyar
Comments
Loading...