Obyek Wisata Air Terjun Gulingan Grobogan Jateng

0 172

Air Terjun Gulingan

Air Terjun Gulingan merupakan salah satu obeyek wisata alam yang terletak di Dusun Sandi, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Air terjun yang terletak di kawasan pegunungan Kendeng ini memang belum banyak dikenal masyarakat.

Akses Menuju Air Terjun Gulingan

Untuk mencapai lokasi, pengunjung terlebih dulu harus menempuh kurang lebih 16 km perjalanan dari Purwodadi (Ibukota Kabupaten Grobogan). Cukup mudah untuk mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, meskipun harus siap-siap dengan kondisi sebagian jalan yang lebih mirip “kali asat” (sungai yang kekeringan).

Akan tetapi, akan sulit jika memutuskan untuk menuju lokasi dengan kendaraan umum karena setelah turun dari bus antar kota (Purwodadi-Pati), perjalanan masih harus dilanjutkan dengan naik ojek dan menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer. Selanjutnya, perjalanan masih harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer menuju lokasi air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Gulingan

Perjalanan melalui jalur darat maupun jalur sungai ini akan terbayar lunas (bahkan lengkap dengan kembaliannya) dengan pemandangan indah yang tercipta dari tiga air terjun yang berbaris rapi. Keindahan dan kesejukan yang berhasil membuat setiap orang pulang dengan kondisi basah kuyup karena tak ingin melewatkan menikmati siraman air terjun sekaligus selfie di bawah air terjun. Repling pun dapat dilakukan di air terjun ini selama pengunjung membawa sendiri peralatan yang memadai. Sayangnya keindahan ini mungkin belum disadari oleh warga Jawa Tengah, bahkan mungkin juga oleh warga Grobogan sendiri dikarenakan minimnya informasi dan promosi.

Keindahan Air Terjun Gulingan

Air terjun gulingan mungkin hanya salah satu keindahan yang tersembunyi di Jawa Tengah. Air terjun yang pada awalnya hanya dikunjungi oleh warga sekitar dan beberapa bulan terakhir mulai berkembang berkat kepedulian komunitas “Peduli Wisata Grobogan” dan warga Desa Sedayu, khususnya warga Dusun Sandi.

Fasilitas Air Terjun Gulingan

Sinergi yang tercipta menghasilkan tersedianya fasilitas tempat parkir resmi untuk pengunjung, terpasangnya papan penunjuk arah, dan perbaikan akses jalan menuju lokasi air terjun. Perkembangan yang diharapkan akan semakin berkembang jika mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Terlebih, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa obyek wisata alam lain (goa Lawa, goa Lurung, kedung Kempul dan Kedung Tlawah) yang akan mendukung potensi perkembangan air terjun ini.

Source wisata grobogan
Comments
Loading...