Obyek Wisata Air Terjun Grojogan Selondo Wonogiri

0 566

Grojogan Selondo

Grojogan Selondo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang  berada di salah satu sudut Desa Bakalan. Desa tersebut terletak di Kec. Purwantoro, Kabupaten Wonogori, Provinsi Jawa Tengah. Di sekitar Grojogan Selondo, terdapat sebuah jembatan yang biasanya dilalui masyarakat yang hendak beraktivitas menuju tempat lain. Suasana di sekitar Jembatan Selondo sangat cocok untuk menyepi dari keramaian kota. Tentu saja, keindahan alam di sekitarnya membuat lokasi tersebut cocok untuk berswafoto ria.

Letak Grojogan Selondo tersebut berada di sebuah ceruk di antara dua tebing batu. Dua kolam kecil dan sungai di bagian bawahnya sering dijadikan tempat nongkrong para wisatawan. Seorang blogger menilai pemandangan Grojogan Selondo layaknya versi mini dari Grand Canyon. Lokasi Grojogan tidak terlalu jauh dari areal persawahan dan jalan raya sehingga dapat dijangkau dengan waktu relatif singkat. Namun, karena belum dikelola secara profesional, daerah wisata tersebut masih sepi dari petugas keamanan maupun penjual makanan.

Asal Mula Grojogan Selondo

Selondo berasal dari kata selo dan ondo yang menurut bahsa berarti tangga batu, tempat ini berada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo. kawasan ini biasa digunakan sebagai bumi perkemahan (buper) oleh anak-anak Pecinta Alam maupun Pramuka dan PMR. pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus serta kesejukan udara pegunungan mendukung kegiatan adventure dan penjelajahan disini. medannya yang naik turun cocok untuk menguji kekuatan fisik para pengikut organisasi kemanusiaan maupun kemasyarakatan. Terdapat pula sebuah sungai yang indah dengan jembatan layang yang membelah sungai tersebut, terdapat pula area rockclimbing bagi yang punya nyali dan bernuansa meningkatkan adrenalin.

Karena pemandangannya yang indah seringkali juga digunakan dalam foto kenangan/album kenangan lulusan sekolah-sekolah di Kab. Ngawi. Tapi sayang saat kami berkunjung kesana ada oknum-oknum yang nakal dan mencoret-coret dinding bati yang ada disana, membuang sampah sembarangan hingga membuat area buper penuh dengan sisa-sisa perkemahan.
Source wisata wonogiri
Comments
Loading...