Obyek Wisata Air terjun Grenjengan Kembar Magelang

0 148

Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Air Terjun Grenjengan Kembar ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan dan satu air terjun yang berjarak sekitar 30 m. Keberadaan air terjun ini di dalam kawasan Hutan Pinus konservasi di wilayah Resort Wekas, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Krogowanan, Taman Nasional Gunung Merbabu. “Grenjengan Kembar”, terdengar dari namanya dapat kita tebak bahwa curug tersebut ganda/kembar.

Curug Grenjengan Kembar Magelang ini memiliki dua air terjun yang saling berdekatan dengan tinggi yang pertama 12 meter dan yang kedua 18 meter. Di tambah dengan 2 meter menuju tingkat kedua. Jadi, seperti air terjun yang bertingkat yang seolah kembar. Meski demikian, air dengan kapasitas yang sedikit juga banyak mengalir di sampingnya. Tetapi semuanya seolah mirip. Air yang mengaliri dua air terjun kembar ini berasal dari Sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu.

Akses Menuju Grenjengan Kembar

Lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar berada tidak jauh dari jalan utama penghubung Magelang-Salatiga. Tepatnya setelah memasuki ibukota kecamatan Pakis dari arah Magelang akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke air terjun tersebut papan petunjuk arah menuju Makam Panembahan Ngabehi Noto. Ikuti jalan tersebut terus hingga ujung jalan dan menemukan persimpangan jalan cor semen ke arah kanan. Memasuki jalan cor semen berarti tidak lama lagi akan tiba di kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar. Akhirnya pengunjung tiba di area parkir Air Terjun Grenjengan Kembar yang disediakan di samping masjid desa. Ukuran area parkir cukup sempit dan hanya mampu menampung beberapa kendaraan roda empat serta puluhan kendaraan roda dua saja.

Jadi saat perjalanan menuju Curug Grenjengan Kembar, pengunjung akan melewati jalan setapak dengan di kelilingi indahnya hutan pinus serta jalan setapak dengan tebing kecil di sebelah kiri dan kanan seperti taman labirin. Kemudian melewati jembatan di mana dipenghujung jembatan, pengunjung akan bertemu dengan jalan bercabang / pertigaan untuk memilih akan menikmati curug di bagian bawah curug atau di bagian atas Curug.

Harga Tiket Masuk Grenjengan Kembar

Tak lama setelah kalian menyusuri jalan cor tersebut sampailah kalian pada pintu masuk Air terjun Grenjengan Kembar, kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian di samping Masjid desa. Untuk dapat melihat Curug ini kalian hanya cukup merogoh kantong sebesar 3.000/orang dan membayar parkir sebesar 2.000/motor. Setelah itu kalian dengan bebas bisa menikmati keindahan destinasi wisata alam Air terjun Grenjengan Kembar.

Source wisata mutiara jogja
Comments
Loading...