Objek Wisata Rumah Gadang Talamau

0 122

Rumah Gadang Talamau

Pembangunan Rumah Gadang yang menghabiskan dana senilai Rp1,78 miliar tersebut akan dijadikan “prototipe” kampung Minangkabau. Rumah Gadang serta Objek Wisata Alam dan Budaya yang terletak di Koto Dalam Kenagarian Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan resmi dibuka pada 21-23 Juni 2012 mendatang.

Peresmian tersebut akan dilangsungkan dalam rangkaian acara “Rang Talu Baralek Gadang” (Masyarakat Talu Pesta Besar) yang diawali dengan penobatan gelar datuk kepada lima pemangku adat di Talu,” kata Ketua Pelaksana Acara Fadlan Maalip Tuanku Bosa XIV di Padang, Senin. Menurut Fadlan, sejumlah raja-raja dan Sultan se-Nusantara serta utusan dari Malaysia dan Thailand akan hadir dalam acara yang digelar selama tiga hari tersebut.

 

Fadlan menjelaskan, pembangunan Rumah Gadang yang menghabiskan dana senilai Rp1,78 miliar tersebut akan dijadikan “prototipe” kampung Minangkabau yang dilengkapi dengan lapangan futsal, sarana outbond, perpusatkaan, kebun tanaman obat, kebun sayuran, serta lintasan motor cross sebagai objek wisata. “Saat ini, baru kolam besar yang sudah bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi seperti memancing, wisata perahu,” tutur dia.

Rumah Gadang berukuran 27 kali 10 meter itu merupakan simbol kebesaran adat, dan dapat digunakan sebagai tempat pertemuan adat, tempat pertemuan untuk membahas kemanjuan nagari tempat belajar adat, budaya dan ilmu pengetahuan. Diungkapkan Fadlan, Rumah gadang Talu itu dibangun untuk membangkitkan kembali semangat untuk mengenal dan menjalankan adat serta pendidikan khususnya bagi para pemuda.

Objek Wisata Alam dan Budaya diharapkan dapat menunjang perekonomian warga sekitar. “Kita prihatin adat semakin jauh dari anak nagari (masyarakat setempat) padahal adat sangat besar pengaruhnya pada pembentukan akhlak sehingga keberadaan rumah gadang ini diharapkan dapat menjadi solusinya,” tandas dia.

Source http://www.beritasatu.com http://www.beritasatu.com/destinasi/54832-objek-wisata-rumah-gadang-talu-dibuka-21-juni.html
Comments
Loading...