Objek Wisata Pemandian Umbul Pengging Boyolali

0 150

Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging merupakan salah satu tempat pemandian yang tidak saja menjanjikan kesegaran airnya karena bersumber dari mata air murni. tetapi juga menyimpan cerita mistis penuh dengan sejarah tradisi. Memiliki 3 sumber mata air (Umbul Penganten, Umbul Ngabean, dan Umbul Duda). Tempat ini pernah menjadi tempat pemandian SISKS Paku Buwono X (Raja Keraton Surakarta : 1893-1939). Ketiga umbul ini merupakan peninggalan Ki Ageng Pengging pada zaman peralihan Majapahit ke Demak. Jika di Yogyakarta ada Taman Sari, maka Boyolali ada Umbul Pengging. Umbul Pengging dikenal pula dengan sebutan Umbul Tirto Marto. Dulunya Umbul Pengging merupakan salah satu area yang digunakan sebagai tempat bersantai untuk raja dan keluarganya.

Lokasi Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging ini terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Kawasan wisata Umbul Pengging ini terdapat beberapa pemandian dengan gaya arsitektur yang masih kuno.

Sejarah Umbul Pengging

Menurut cerita masyarakat setempat, pada awalnya pemandian ini merupakan tempat bersantai raja dan keluarganya. Hal ini tampak dari bangunan tempat peristirahatan yang berada di dekat kolam pemandian ini. Pada zaman dahulu, pemandian ini tidak dibuka untuk masyarakat umum. Namun seiring berjalannya waktu, Pemandian Umbul Pengging kini bebas dimasuki setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan taman dan kesejukan airnya. Umbul Pengging merupakan kawasan wisata yang memadukan antara wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata alam dalam satu kawasan.

Aksesbilitas Umbul Pengging

Di Umbul Pengging juga terdapat kolam bermain anak, area pemancingan, lapangan tenis hingga rumah makan lesehan. Selain cocok untuk dijadikan area wisata keluarga, Umbul Pengging merupakan salah satu pilihan padusan di kawasan Boyolali. Padusan merupakan ritual mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa. Menariknya lagi, harga tiket masuk Umbul Pengging tergolong murah, hanya Rp 3.000 rupiah saja. Hanya saja untuk masuk ke area umbul yang lain, Anda diwajibkan untuk membayar lagi.

 

Source wisata boyolali
Comments
Loading...